Mengatasi Drama Perdapuran dengan Yummy App

Kehidupan senantiasa berbeda setiap episodenya. Kehidupan sebelum menikah berbeda dengan setelah menikah. Sebelum punya anak juga berbeda setelah kehadiran sang anak. Berbeda lagi dengan bertambahnya anak. Tugas kita tinggal menjalankan peran sebaik-baiknya. 


Sebelum menikah, kehidupan terasa jauh dari urusan rumah tangga. Jarang dirumah, malas perawatan ataupun sekedar beberes. Tidak pernah menjamah pekerjaan rumah tangga, termasuk masak. Memasak adalah aktvitas yang paling tidak saya suka.


Hingga akhirnya, sampailah pada momen menjadi istri. Semuanya berubah. Keadaan menuntut untuk lebih banyak melakukan pekerjaan rumah tangga. Saya kelabakan dan belum bisa berdamai dengen segala drama rumah tangga. Saya belum terbiasa dengan segala pekerjaan rumah tangga, rumah terlihat selalu berantakan, jarang masak di rumah, bahkan tidak ada waktu untuk hanya sekedar menyeterika baju. 


Alhasil, banyak kondisi yang hadir menyentil telinga saya. Hal yang paling menyakitkan adalah saat Umar menjadi korban ketidakberesan pekerjaan rumah. Saat saya terlalu beli diluar yang membuat berat badannya semakin seret dan endingnya terjadilah hal yang paling ditakutkan hampir semua ibu, tumbuh kembangnya yang sedikit terlambat dari teman-teman seusianya. 


Mungkin bisa saja saya menyerah dan pasrah atas segala carut marut ini. Membiarkan segala terjadi karena takdir telah terjadi begitu cepat. Tapi Allah mengingatkan pada suatu titik bahwa saya harus berubah meskipun perlahan. Meskipun perlahan, tertatih, dan bahkan tak terlihat. 


Mulailah saya sadar pentingnya merawat diri, merawat rumah dan segala urusan yang tidak pernah saya sentuh dulu. Diantara sekian pekerjaan, yang paling memberatkan adalah perdapuran dan segala dramanya. Sebab Memasak adalah hal yang kurang menyenangkan bagi saya. Namun bagaimanapun juga dapur adalah tempat para wanita mulai berkarya. Begitulah para Ummul Mukminin dan para shahabiyah Rasul mencontohkan. Bahkan diantara mereka ada yang masakannya selalu terhidang lezat untuk Rasulullah shalallahu alaihi wassalam. 


"Bayangkan jika kita bisa all out mengurus rumah tangga karena Allah. Akan banyak pahala yang akan mengalir untuk kita." Begitu kata seorang bunda senior yang membuat saya tergerak.

 

cara agar bisa masak


Memasak jadi Membahagiakan

Saya mencoba belajar bagaimana agar memasak menjadi minim drama, agar memasak bukan hanya aktivitas kebutuhan, tapi juga ada sesuatu yang menyenangkan di dadalamnya. Berikut beberapa ikhtiar yang menurut saya bisa membuat saya jadi lebih rajin memasak. 


1. Membuat Meal Plan

Satu hal yang membuat kita bingung saat memasak adalah bingung apa yang harus kita masak hari ini. Kita baru tau akan memasak apa saat melihat dagangan kang sayur. Pada akhirnya, jika malas ke pasar, kita juga jadi tidak memasak dan beli makan di luar lagi. 


Agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya kita membuat meal plan atau rencana menu untuk sepekan atau sebulan kedepan. Setelah menentukan menu yang akan kita masak, kita tidak perlu ke pasar setiap hari, melainan langsung membeli bahan belanjaan untuk beberapa hari ke depan. Cara menyimpan bahan makanan ini akan saya bahas di poin kedua. 


Berikut beberapa contoh meal plan yang saya buat untuk sepekan. 


Meal Preparation Keluarga 


Senin 

Rawon 

Snack: Pisang 


Selasa 

Capcay 

Snack: Stik keju


Rabu

Sayur sop, ayam goreng tahu tempe goreng 

Snack: Brownis


Kamis 

Sayur asem plus oseng kerang tahu tempe.

Umar: Skotel makaroni daging (alternatif karena dia  kurang suka jangan bening)

Snack: Jus jambu biji plus susu


Jumat

Soto ayam

Snack: kentang goreng kriuk


Sabtu

Mujair asam manis 

Snack: puding 


Ahad 

Opor ayam 

Snack: nugget 


2. Melakukan Food Preparation

Saat mengintip rahasia ibu-ibu  yang selalu memasak setiap hari, ternyata banyak dari mereka yang menerapkan "Food Preparation". Melalui cara ini, kita tidak perlu pergi ke pasar setiap hari, yang biasanya membuat uang belanja membengkak. Food preparation adalah tenik menyiapkan bahan makanan selama beberapa hari ke depan.


Pertama-tama, kita menyiapkan daftar belanjaan untuk sepekan sesuai dengan meal plan sesuai poin satu diatas. Untuk menyimpan bahan makanan agar tahan beberapa hari, kita bisa menerapkan tips berikut ini. 


1. Ikan 

Saya biasanya membeli ikan yang sudah dibersihkan sisik dan jeroannya. Lalu dipotong dan cuci bersih dengan air kran. Lalu cuci lagi dengan air mineral dan tambahkan jeruk nipis dan sedikit garam. Masukkan pada wadah yang tertutup dan simpan dalam freezer. 


2. Ayam 

Potong  daging ayam kecil-kecil, lalu cuci dengan air bersih dan simpan pada wadah tertutup. Simpan dalam freezer. 


3. Daging sapi 

Daging sapi sebaiknya tidak perlu dicuci dulu dengan air. Cukup keringkan dengan tisu lalu simpan pada wadah tertutup, masukkan freezer. 


4. Seafood 

Hampir sama dengan ikan, bersihkan seafood dengan air bersih, simpan di freezer dengan wadah tertutup. 


5. Sayuran 

Berbeda dengan lauk, cukup angin-anginkan sayuran di ruangan terbuka. Masukkan pada wadah tertutup yang telah dilapisi dengan kertas atau tisu untuk menyerap uap air saat berada di lemari es. Simpan pada chiller. 


sumber: astripujilestari.com


3. Memasak dengan Resep yang telah Teruji


Pada saat awal-awal belajar memasak, saya selalu mencontek resep untuk memasak. Sayangnya resep yang bertebaran di internet, tidak semua sudah teruji dan pernah dicoba. Pernah kapan hari saya ingin memasak masakan khas Madura favorit saya, babat bumbu kuning. Setelah mencoba resep yang saya dapat di internet, ternyata gagal. Bukannya jadi babat enak, malah jadi soto. Ya sudahlah, tinggal tambah kuah, jadi soto, wkwk. 


Banyak resep yang bertebaran di internet memang belum teruji. Ada yang cuma cari traffic saja. Kabar gembiranya, kini ada aplikasi yang resepnya telah teruji, bahkan dikurasi langsung oleh para chef professional. 


Yummy App! "Memasak jadi lebih mudah dengan aplikasi resep masakan Indonesia"


Yummy app adalah sebuah aplikasi gratis yang berisi berbagai resep masakan, mulai makanan dan minuman asli Indonesia ada disana. Resepnya sudah dijamin anti gagal karena dimasak dan dikurasi langsung oleh para chef. Kita bisa mencari inspirasi menu harian dengan sangat mudah.  Ada banyak aneka resep olahan daging, ayam, sayuran, tahu, tempe, telur, dll. Selain resep official dari chef Yummy App,  ada juga aneka resep harian dari para pengguna Yummy App. 

review yummy app
Tampilan depan Yummy App


Terdapat beragam fitur yang bisa kita manfaatkan dari aplikasi ini. 

1. Filter Resep Berdasarkan Waktu
Ini adalah fitur yang menurut saya paling oke, apalagi buat ibu macam saya yang tidak suka menghabiskan banyak waktu di dapur. Kita bisa mencari resep dengan durasi masak sesuai keinginan kita. Misal kita ingin memasak dengan durasi tidak sampai 30 menit. Bisa! Tinggal kita atur filternya!   

2. Filter Budget, Memilih Resep Berdasarkan Harga
Ini yang bisa dilakukan para bunda di saat tanggal tua, filter resep masakan berdasaran budger yang kita miliki. Bahkan budget masak 10 ribu pun ada! Keren banget nggak sih.

3. Memasak Sesuai Bahan di Kulkas
Jika kita misalnya cuma punya telur di kulkas, kita bisa memanfaatkan fitur ini. Fitur bantuan untuk mencari resep sesuai bahan yang kita miliki.  

4. Filter Resep Sesuai Porsi
Mencari menu yang bisa dinikmati berdua, bertiga, hingga rame-rame sekeluarga? Bisa semuanya.

5. Berbagi Resep Masakan
Nah, ini yang saya suka juga. Kadang juka berhasil memasak enak rasanya ingin memberitahu dunia, yeay aku berhasil! Daripada cuma sekedar share foto di sosmed yang bikin orang ngiler. Lebih baik kita share resep yang bikin orang ikutan semangat masak. 




Cara donwload aplikasi Yummy App ini cukup mudah. Cukup masuk ke Play Store atau App Store, lalu ketik "Yummy", maka akan muncul aplikasinya. Klik install dan mulai mencari inspirasi. 

Alhamdulillah sekarang hampir setiap hari saya masak. Dari yang awalnya malah masak. sekarang ada semangat baru untuk mengolah bahan-bahan makanan. 

Ada bahagia saat anak dan suami makan dengan lahap. Apalagi sambai 'embuh-embuh' kata orang Jawa. 'Embuh' artinya nambah.

Sekian cerita perjalanan saya menjadi seorang ibu yang berhasil mengatasi malas memasak. Apakah bunda punya tips lainnya? Saling berbagi yuk.




40 comments:

  1. Aplikasi Yummy ini mudah diisntalasi, penggunaannya pun mudah ya. Saya juga sudah berselancar di dalamnya cuma belum praktik.

    ReplyDelete
  2. Yeaaah, Umar bahagia banget nih sekarang, bundanya udah jago masak, tinggal bilang mau makan apa, langsung dikabulin, secara kamusnya lengkapnya, ya mba..

    ReplyDelete
  3. Drama di dapur pernah tuh saya rasakan waktu awal-awal nikah,bingung mau masak apa wkwkw. Beruntung banget terselamatkan dgn resep mudah dan praktis di Yummy App

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah ya, drama perdapuran bisa diselesaikan dengan resep2 yang ada dalam aplikasi Yummy.

    ReplyDelete
  5. Terima kasih tips2nya mba..izin nyontek ya..jarena saga juga sering keteteran dalam urusan rumah tangga begini..hehe..

    ReplyDelete
  6. Ngakak baca drama perdapuran. Soalnya masalah yang sama juga, sih. Beruntung dikenalkan aplikasi ini, jadi terbantu.

    ReplyDelete
  7. Gegara Yummy App, pagi ini aku eksekusi resep semur daging kentang, sama tumis kangkung super endeussss :D

    Yeayy, makasiii Yummy App! You really save my day :D

    ReplyDelete
  8. Mbak rajin banget bikin neal plan. Kalau bisa kayak gini dijamin gak bakal bingung lagi ya mau masak apa hari ini. Apalagi dengan bantuan aplikasi Yummy app ini, pasti tambah semangat memasaknya, karena bisa mengolah makanan dari bahan yang sederhana. Jadi drama perdapuran teratasi dong.

    ReplyDelete
  9. Memang ya, drama ibu ibu kalau gak anak ya dapur 😅

    ReplyDelete
  10. Iya nih aku baru aja download Aplikasi Yummy, ternyata banyak banget resepnya dan bisa di filter sesuai kebutuhan. Aplikasi ini bantu banget ya buat menu makanan sesuai budget belanja, jadi lebih hemat hehehe, apalagi banyak resep yang belum pernah di coba dan wawasan soal peresepan jadi bertambah.

    ReplyDelete
  11. Nah, kadang masak sesimple apapun saya suka mati gaya nih mba. Yg ada drama, bener banget. Pdahal masak itu simpel ya. Suami dan ibuku juga makan apa aja mau

    ReplyDelete
  12. Kalau udah ada budgetnya jadi gampang ya mbak menentukan misal udah tanggal tua gitu mau masak apa

    ReplyDelete
  13. Aku nggak pernah melakukan preparation apa-apa kalau masak. Makanya sering bingung sendiri mau masak apa. Nice sharing, Mbak 👍🏻
    Kayaknya Yummy App bisa bantu aku bikin meal plan, nih. Coba juga, ah.

    ReplyDelete
  14. Sekarang kalau mau masak emang praktis banget ya.. bahannya bisa dibeli online, terus ada YUMMY app dengan segudang resep yang mudah dipraktekkan

    ReplyDelete
  15. Nenek-nenek ndeso seperti saya selera masih ndeso. Kurang suka nyetok. Bahan2 makanan sayur, daging sapi, ikan. Sayuran dan lain-lain, beli langsung masak. Paling lama simpan di kulkas sehari dua hari (khusus sayur). Ikan, ayam, dan daging enggak banget. Cukup sekali beli satu kali masak. Terima kasih telah berbagi, ananda Nabila.

    ReplyDelete
  16. iya mbak, aku juga pakai aplikasi Yummy App buat meal prep selama seminggu.nggak bingung lagi mau masak apa

    ReplyDelete
  17. markitos.. saya juga semangat memasak karena ada Yummy App.. wah boleh juga idenya bikin mealplan sepekan gitu ya.. jadi ngga perlu mikir lama kalau mau masak. Bahannya cakep banet di foodprep gitu, hemat waktu dan ngga perlu sering keluar rumah

    ReplyDelete
  18. Ternyata bukan hanya Korea yang ada drama. D8 dapur juga ada dramanya ya mba🥰

    ReplyDelete
  19. Yummy app jadi solusi utk slalu berkreasi macam masakan nih dirumah. Jadi tak ada lagi rasa takut tdk tau memasak

    ReplyDelete
  20. Drama perdapuran mAh gampang diatasi dengan yummy app ya kak, solusi tepat buat berkreasi nih

    ReplyDelete
  21. benar banget, menyusun meal plan dan food prep itu bisa lebih menghemat waktu dan anti mati gaya yaa, apalagi kalau dibantu dengan aplikasi masak secanggih Yummy App ini, makin cepat dong ini bisa masak di rumah dan jadi Chef handal buat keluarga :)

    ReplyDelete
  22. Wuih mantap nih mba sdh nyusun rencana masak selama seminggu. emang yummy app nih mantap ya. banyak resep enak dan praktis

    ReplyDelete
  23. sampai sekarang aku masih belum berhasil menerapkan food preparation ini di rumah. jadi kalau misalnya ke pasar beli bahan-bahan yang sering dimakan aja dan nggak ada meal plan. untung deh ada aplikasi kayak yummy ini jadi kalau bingung mau masak apa bisa cari resep di sana

    ReplyDelete
  24. dengan adanya aplikasi Yummy App ini, kegiatan perrdapuran jadi lancar ya mbak
    no drama lagi, hehe

    ReplyDelete
  25. Ternyata drama ini bukan aku aja yang mengalami ya. aku baru belajar masak juga setelah menikah. heuheu... sejak ada yummy app aku juga terbantu sekali, karena bisa cari resep yang takarannya pasti-pasti. jadi lega tidak diintimidasi kata "secukupnya". hehe

    ReplyDelete
  26. Suka juga dong dengan aplikasi Yummy. Sangat membantu saya dalam berkreasi dengan masakan, juga saat pengen baking. Oia, salah satu trik saya biar masak jadi lebih cepat adalah dengan memakai bumbu dasar. Tinggal kreasi dikit, cemplung2 bahan. Selesai :)

    ReplyDelete
  27. Dengan aplikasi Yummy jadi lebih gampang mengatur menu makanan dan memasak untuk keluarga ya, Mbak. Bye bye drama perdapuran, hello ratu dapur.

    ReplyDelete
  28. Saya coba buat meal plan juga karena ngga mau pusing tiap pagi ditanya "Hari ini makan apa?"

    Tapi, karena saya ngga jago masak, masakannya jadi cuma itu-itu aja. Hihi.. Untungnya ada Yummy App yang bisa ngasih inspirasi dan resep masakan sesuai budget yaa.. Walau ngga jago masak, asalkan ngikuti resep, Mama bisa jadi chef idola di rumah deh.

    ReplyDelete
  29. Keren iih mbak Nabila, rajiin masaknya. Aku juga terbantu dengan adanya Yummy. Terbantu share resep ke katering terus minta dibikinin, wkwk.

    ReplyDelete
  30. Jadi istri dan ibu gak mudah ya mbak. Aku juga golongan yang gak suka masak. Tapi memang bertemu yummy app bikin lebih semangat masak. Merasa dihargai dengan sebutan Chefnya. Resepnya juga simple-simple sesuai bahan.

    ReplyDelete
  31. Meal plan ini tadinya bingung ya...karena menu uda muter lagi dari minggu ke minggu.
    Sejak gaulnya sama Yummy apps, kini gak perlu ribet.
    Bisa liat banyak refrensi dengan bahan yang sama, olahan yang berbeda.

    ReplyDelete
  32. food prep adalah koentji yaa mba.. ribet sehari doang buat preparin, tapi besok2nya pas eksekusi masak, bakal lebih mudah. set set set masakan jadi deh nggak pakai ngupas ini itu

    ReplyDelete
  33. Wah, senin ada rawon. Mau main ahhhh... ahaha
    Enak banget pakai app ini
    mudahin kita banget
    Bahkan anak-anak juga bisa kutawarin langsung mau belajar masak apa?

    ReplyDelete
  34. Pengen banget bisa bikin food prep dirumah tapi kadang gak sempat sih. Kayaknya aku harus pakai Yumny App nih biar bisa rapih menyusun schedule

    ReplyDelete
  35. Rajinnya bikin food prep. Walah, aku boro-boro! Wkwkk.. Tapi berkat Yummy App ini, bikin aku jadi sering rajin search resep dan tentu saja, aku lihat berdasarkan waktu masaknya juga.

    ReplyDelete
  36. Asyik, sangat cocok untuk memaksimalkan budget dan mengirit. Untung ada Yummy.

    ReplyDelete
  37. Yang aku suka dari Yummy App salah satunya emang resepnya tuh udah teruji. Jadi bisa dibilang pasti enak hehehe.

    ReplyDelete
  38. Alhamdulillah ya mba, sudah enggak drama-drama lagi. Kalau aku sendiri, biasanya suka bingung kalau ternyata bahan yang aku rencanakan beli ternyata tidak semuanya lengkap untuk food preparation karena belinya di tukang sayur. Kalau udah gini, akhirnya cari resep yang bahannya emang udah tersedia di kulkas. Untung banget ada yummy app

    ReplyDelete
  39. Masalah perdapuran res beress deh dengan adanya Yummy App ini ya mbak... saya aja suka eksekusi makanan camilan hasil searching di Yummy App, kereen

    ReplyDelete
  40. Yeayy.. sekarang masak jadi gampang. Tinggal liat aplikasi yummy semua tinggal beres

    ReplyDelete

@nabila_haqi