Kriteria Apartement Ideal Versi Saya

Dulu saya mengira tinggal di apartemen itu hanya untuk orang-orang yang suka menyendiri, tidak membutuhkan banyak akses untuk sosialisasi.

Tapi pandangan saya berubah setelah melihat postingan teman yang tinggal di apartemen. Ternyata tinggal di apartment juga tetap memungkinkan untuk bersosialisasi. Bangunan apartment kini paling ideal bagi kawasan perkotaan yang padat penduduk. Keren juga bila saat bangun tidur, kita bisa melihat pemandangan kota dari ketinggian.

Apalagi setelah rajin mengikuti postingan mom selebgram Inspiratif Retno Hening yang tinggal di sebuah flat di Oman. Temannya banyak juga ternyata. Selain itu juga luas dengan banyak fasilitas mewah.

Tentu jika satu kali ada pilihan untuk tinggal di apartemen, saya akan segera mengiyakan. Kenapa tidak?

Setidaknya ada beberapa kriteria apartemen ideal yang layak kita pilih sebagai hunian atau investasi. Berikut ini 5 kriteria apartemen yang layak untuk dipilih.

tips cari apartement


1. Lokasinya Strategis 


Point ini menjadi yang pertama karena tingga di perkotaan membuat kita bergulat dengan macet, apalagi jika kita menjadi apartement Jakarta, tentu kemana saja akan membutuhkan waktu yang lama.

Apartement dengan lokasi yang strategis akan meminimalkan waktu kita di jalanan. Apartemen ideal adalah hunian yang dekat dengan tempat kerja kita, sekolah anak-anak, tempat belanja dan objek vital lain.

2. Mudahnya Memiliki Sertifikat

Nah, pasti bingung kan jika kita sudah bersusah payah menabung, ternyata masih tidak memiliki surat yang menandakan kepimilikan kita. Ini juga yang mungkin sering dikeluhkan para pemilik apartemen.

Sertifikat ini kepemilikan harus mudah didapat agar status kepemilikan kita jelas. Sebagai informasi, menurut UU 20 tahun 2011 sertifikat akan dikeluarkan setelah adanya pertelaan.

Pertelaan ini dapat di sahkan setelah pembangunan seluruh satuan unit rumah susun dalam kawasan telah selesai di bangun. Mengenai hal ini, juga sudah sering di sosialisasikan oleh dinas setempat. Jadi poin penting sebelum membeli apartemen, adalah mengetahui dengan pasti proses sertifikat kepemilikannya.

3. Pilih Apartement Syariah agar Segalanya Menjadi Berkah


Kini banyak umat Islam yang semakin sadar pentingnya jual beli yang sesuai syariah. Menghindari riba dan segala transaksi yang haram kini menjadi suatu keharusan, apalagi dalam membeli rumah yang digunakan selama bertahun-tahun hingga kakek nenek. Tentunya harus diawali dengan transaksi yang mudah.

Kini semakin banyak industri properti yang menawarkan akad syariah. Jika memang ada yang halal, mengapa tidak memilihnya?

Apartment syariah berbeda dari apartement konvensional karena akad yang digunakan adalah sesuai syariah. Akad syariah mengharuskan konsumen bertransaksi langsyng pada developer tanpa adanya pihak ketiga. Sehingga transasksi yang terjadi murni transaksi jual beli baik dalam bentuk kredit ataupun cash.

Sewa Apartement bisa jadi Pilihan

Sekarang kita tak harus mempunyai apartement untuk bisa merasakan sensasi tingga di bangunan tinggi. Jika kita belum ada dana untuk membeli sebuah flat apartemen tapi ingin merasakan tinggal di ketinggian, kita bisa menyewa apartemen. Sesekali jika sedang butuh penginapan di area Jakarta, misalnya teman-teman bisa sewa apartemen jakarta timur  untuk menikmati suasana baru.

Menyewa apartment bisa jadi alternatif yang lebih hemar daripada menginap di hotel. Bagi kita yang sedang butuh hunian sementara karena urusan pekerjaan atau bisnis. Bagi teman-teman yang memiliki urusan pekerjaan di Bekasi, sewa apartemen bekasi bisa jadi solusi yang menarik.

Sekian tips dari saya, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

@nabila_haqi