Tips Memilih Kos-Kosan Idaman




Dulu saat menjadi mahasiswa, saya seringkali main ke kos-kosan teman saya. Ada kosan murah dengan fasilitas sederhana, ada pula kost dengan harga tinggi tentu dengan fasilitas yang mewah. Saya jadi teringat akan sebuah cita-cita saat SMA.

Sejak sebelum kuliah, saya memang memiliki impian untuk merantau keluar kota dan tinggal jauh dari zona nyaman bersama keluarga.

Qadarullah, takdir membawa saya untuk kuliah di UNAIR, kampus yang tidak jauh dari rumah. Jadilah impian itu hanya tinggal cita-cita.

Setelah menikah, mimpi untuk bisa mandiri dan tinggal di kos atau kontrakan terbersit kembali. Namun sekali lagi, taqdir Allah membawa saya pada episode yang berbeda. Suami meminta untuk tinggal bersama kedua orang tuanya sampai ia bisa membeli rumah sendiri.

Apakah mimpi ini harus saya kubur dalam-dalam? Tentu tidak. Saya ingin melukis impian yang jauh lebih tinggi. Yakni bisa memiliki properti yang digunakan untuk kos yang berkonsep Islami.

Impian akan hanya sekedar angan jika kita tidak berusaha. Oleh karena itu, saya ingin memulai cita ini dengan menuliskan konsep kos idaman. Berikut adalah kriteria kost yang cocok untuk ditinggali.

1. Memiliki lingkungan dan tetangga yang bersahabat
2. Dekat dengan masjid yang menyuburkan iman dan taqwa
3. Membuat kita bersemangat untuk belajar
4. Tempat yang indah, bersih dan penuh dengan pepohonan
5. Aman dari segala kejahatan

Lalu bagaimana cara mendaptkan kos idaman?  berikut ini bisa jadi tips untuk memilih tempat kos.

kos jakarta selatan

1. Tanyakan pada lingkungan sekitar tentang lingkungannya

Tinggal seatap dalam satu kos biasanya membuat kita sangan dekat dengan teman satu kos. Jadi memiliki lingkungan yang bersahahat adalah keharusan.

Pastikan di lingkungan itu tidak ada tempat-tempat yang maksiat, misalnya tempat perjudian, narkoba atau miras, dll. Karena ini berhubungan juga dengan keamanan.

Lebih baik lagi jika memilih tempat yang dekat dengan masjid yang penuh dengan aktivitas keagamaan. Kita dan keluarga bisa belajar bersama-sama disana.

2. Pastikan dekat dengan kampus, tempat kerja atau sekolah bagi anak-anak

Pilihlah kos yang memiliki akses pada tempat-tempat yang harus kita datangi setiap hari. Misalnya bagi yang bekerja, pilih yang dekat dengan kantor. Kita yang berkeluarga, dengan dengan sekolah terbaik untuk anak-anak. Atau bagi mahasiswa, dekat dengan kampus.

3. Sesuaikan harga kos dengan budget

Harga kos harus jadi pertimbangan selanjutnya. Sesuaikan dengan penghasilan kita sehari-hari. Sebab kita hanya tinggal untuk sementara. Jika sudah berkeluarga, selalu ingat bahwa tujuan utama kita adalah menabung untuk bisa memiliki rumah sendiri.

Jika memang budget tidak sesuai dengan kos impian kita, tidak mengapa sementara kita memilih kos dengan fasilitas yang seadanya.

Tidak perlu memaksakan diri untuk mendapatkan fasilitas yang mewah. Asal lingkungan mendukung dan dekat dengan area kebutuhan kita, maka bolehlah kita coba.

4. Perhatikan juga fasilitasnya

Terakhir, pertimbangkan juga bagaimana fasilitas yang diberikan. Tempat kos yang ideal adalah yang bersih dan terawat. Jangan sampai kita sudah membayar mahal, eh ternyata tempatnya jorok, airnya susah, bahkan kamar mandinya sharing pula!

Ingat juga untuk tetap memperhatikan item nomor tiga diatas, yakni sesuai dengan budget. Biasanya memang harga akan sesuai dengan fasilitas yang diberikan. Namun jika beruntung, kita bisa dapat fasilitas terbaik dengan harga yang miring.

Demikian sharing dari saya tentang tips memilih tempat kos yang ideal. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang sedang mencari kost Jakarta Selatan, Jakarta, Surabaya, atau kota-kota besar lainnya di Surabaya.

Semoga kos idamanmu bisa didapat!



No comments:

Post a Comment

@nabila_haqi