Peralatan Wajib MPASI Pertama


peralatan mpasi terbaik



Alhamdulillah kini baby Umar sudah hampir memasuki usia 6 bulan. Artinya tidak lama lagi, saya harus mempersiapkan berbagai keperluan MPASI bayi.

Sejak baby Umar berusia 3 bulan, saya memang sudah mulai belajar berbagai hal tentang MPASI. Baik cara penyajian yang tepat, komposisi yang baik hingga peralatan MPASI pertama yang wajib ada.

Nah, sharing kali ini saya akan membagi peralatan MPASI terbaik yang sebaiknya bunda siapkan sebelum si bayi akhirnya memasuki usia 6 bulan.

1. Panci Kukus

Nah, peralatan perang pertama adalah alat untuk memasak MPASI itu sendiri. Bagi teman-teman yang memiliki uang lebih tidak ada salahnya untuk mencoba slow cooker atau baby food processor.

Tapi karena sedang berhemat, saya memilih untuk membeli peralatan MPASI yang murah meriah dan long lasting, yakni bisa tetap dipakai meski sudah tidak lagi MPASI.

Akhirnya pilihan jatuh pada panci presto 3 in one Happy Call. Panci yang bisa untuk kukus, presto dan kuah. 

2. Telenan dan Pisau

Seluruh peralatan MPASI bayi memang sebaiknya dipisahkan antara untuk masak keluarga dan MPASI bayi. Jadi saya siapkan satu telenan dan pisau khusus. Sebagian ahli juga menganjurkan menggunakaj telenan yang berbeda antara masakan mentah dan matang. Jadi silahkan diusahakan sesuai kemampuan saya.

3. Blender

Bunda bisa pilih blender atau dihaluskan manual menggunakan alat penghalus. Saya sebelumnya punya blender, saya tidak membeli alat penghalus bubur khusus.

4. Saringan kawat

Alat ini wajib ada untuk peralatan MPASI pertama. Karena usia 6-8 bulan, tekstur MPASI haruslah lumat, jadi setelah di blender harusnya disaring terlebih dahulu.

5. Parutan Keju

Ada beberapa ibu yang memilih memarut bahan-bahan dibanding memblender. Jadi, tetap sediakan parutan keju ya, bund. 

Parutan ini juga berfungsi untuk menghaluskan bumbu, seperti bawang putih atau bawang merah. 

6. Piring, mangkok dan sendok bayi

Jangan lupa juga siapkan piring dan sendok khusus MPASI bayi. Karena alat makan ini sudah didesain khusus untuk kebutuhan bayi. Sendoknya pun juga sudah disesuaikan dengan mulut mungil bayi. 

Jadi, sudah siap untuk memberi MPASI terbaik untuk ananda? Selengkapnya bisa simak video saya berikut ini. Terima kasih. 




No comments:

Post a Comment

@nabila_haqi