Keuntungan Belajar Online lewat Video Call






Ramadhan adalah waktunya melangitkan doa-doa. Bulan penuh berkah, saat dimana Allah menghapuskan segala dosa-dosa. 

Hari ini memasuki hari ke 22 Ramadhan. Artinya, inilah waktu prime time kita untuk menjadi the best version of us, menjadi orang yang bertaqwa. 

Bicara tentang Ramadhan, ada beberapa target yang ingin saya capai selepas keluar dari bulan mulia ini.

Pertama, tentu saja saya ingin menjadi seorang yang bertaqwa, sebagaimana kita tahu, bahwa inilah tujuan utama dari madrasah bulan Ramadhan.

Kedua, seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya, tentang mimpi menjadi seorang mentor atau guru yang inspiratif. Ya, selepas Ramadhan ini, saya harus memberi lebih banyak manfaat dengan mengajar dan menulis. Semoga Allah senantiasa mengiringi mimpi ini.

Baca: Rasanya jadi Mentor

Pertama Kali Mengajar lewat Video Call


Dalam kelas Bunda Cekatan tahap kupu-kupu ini, saya belajar banyak untuk menjadi seorang mentor yang handal. Salah satunya adalah dengan tatap muka atau video call.

Sebelumnya saya memang telah terbiasa mengajar berbagai murid, baik online ataupun meet up di kelas dan sekolah.

Tapi, kali ini berbeda, karena saya ditantang untuk mengajar online lewat video call. Beberapa keuntungan dan pengalaman baru mengajar lewat video call adalah sebagai berikut.

1. Kemampuan public speaking jadi lebih terasah. 

Baik guru dan murid menjadi tertantang untuk melatih skill berbicara. Mengapa? Karena pembicaraan video call ini melibatkan dua pihak yang masing-masing harus aktif berbicara. Sehingga mentorship lewat video call bisa menjadi pilihan untuk belajar public speaking.

2. Guru dan murid jadi lebih serius belajar. 

Lewat video call ini, tidak ada lagi murid yang belajar sambil goleran di kasur, begitu juga gurunya. Adab menuntut ilmu jadi bisa teraplikasikan dengan baik. 

3. Membuat Persiapan Belajar jadi Lebih Baik

Sejak mencoba video call ini, saya jadi belajar pentingnya mempersiapkan materi sebelum mengajar. Berbeda dengan mengajar online hanya lewat teks atau grup di aplikasi.

Semoga Ramadhan ini semoga jadi pembelajaran berharga. Bahwa ada 11 bulan yang menunggu kita untuk jadi pribadi yang lebih baik. 

#janganlupabahagia
#pekanke2
#tahapkupu-kupu





No comments:

Post a Comment

@nabila_haqi