5 Ilmu yang akan Saya Pelajari di tahun 2020



Seperti ibu lainnya, saya ingin anak-anak saya menjadi para ahlul ilmu. Menjadi orang yang berilmu yang cerdas, pintar dan ilmunya bermanfaat.

Berharap anak-anak menjadi seperti Imam Syafi'i yang hafal Qur'an di usia belia. Hafal hingga nomor dan letak suratnya, seperti Ustadz Adi Hidayat.

Namun, Ustadz Salim A. Fillah, yang saya dengar kajiannya di YouTube kemarin,  memiliki anak-anak yang hebat seperti diatas bukanlah tentang bagaimana anaknya, tapi lihatlah bagaimana orang tua mereka mendidiknya.  Bagaimana orang tua Imam Syafi'i, Ustadz Adi Hidayah, dan orang-orang besar lainnya mendidik anak mereka.

Sebagai seorang ibu rumah tangga yang faqir ilmu, rasanya memang jauh sekali antara impian dan kenyataan. Tapi setidaknya selain berdoa, saya ingin berusaha meningkatkan kualitas diri saya, sebagai seorang ibu, istri dan perempuan.

Sebagai salah satu ikhtiar, saya ingin mempelajari beberapa ilmu yang sesuai dengan passion saya di tahun 2020 ini.

Ilmu yang bisa dipelajari ibu rumah tangga


1. Ilmu Dienul Islam 

Ilmu pertama dan utama yang harus saya pelajari adalah ilmu agama yang saya peluk ini, Islam.

Saya sadar, saya tidak mungkin bisa meraih mimpi-mimpi besar tanpa pertolongan Allah.

Tidak mungkin saya bisa menjadikan anak saya sholeh ditengah kerusakan zaman.

Tidak mungkin saya bisa menjadikan anak-anak cinta pada Al-Qur'an di tengah gempuran teknologi yang sebagain besar melalaikan.

Salah satu jalan untuk menaikkan kualitas diri adalah dengan berilmu, ilmu agama, sebab ini adalah ilmu yang wajib dimiliki oleh semua muslim.

2. Ilmu Optimasi Blog dan Sosial Media 

Aktivitas yang membuat saya berbinar adalah saat keluar rumah bareng keluarga di waktu weekend. Saya ingin menyebutnya travelling, tapi bukan hanya jalan-jalan menghabiskan banyak uang. Hadir ke pengajian juga salah satu tujuan travelling terbaik keluarga.

Keluar rumah untuk pengajian dan seminar sudah cukup membuat hati saya bahagia. Maka saya tetapkan salah satu keterampilan yang harus saya miliki adalah menjadi seorang productive traveller and learner.

Ilmu apa yang dibutuhkan dari aktivitas ini? Ilmu belajar dan mengoptimalkan ilmu yang didapat dari luar dan membawa sebuah perubahan saat sampai di rumah. Saya harus mencari agar saat keluar untuk mencari ilmu, baik lewat pengajian atau seminar, ilmu tersebut harus teraplikasikan.

Sedangkan saat keluar rumah untuk mengunjungi tempat-tempat baru, maka saya harus mencari ilmu agar aktivitas ini harus menghasilkan uang. Bukan malah menggunakan uang suami. Jadi ilmu selanjutnya adalah bagaimana agar penghasilan blog saya meningkat.

3. Ilmu Parenting

Aktivitas yang membuat saya berbinar sejak sebelum hamil adalah mempelajari tentang ilmu mendidik anak, maka di tahun ini, saya akan lebih fokus pada ilmu ini.

4. Ilmu Menata Rumah

Ilmu berikutnya adalah ilmu menata rumah. Yup, mata saya berseri-seri saat melihat rumah-rumah cantik yang ada di instagram. Bahkan waktu kecil saya pernah mengoleksi gambar desain-desain interior dan eksterior rumah. Jadi, saya perlu ilmu menata rumah agar saya makin bahagia.

5. Ilmu Mengajar Bahasa Inggris


Saya telah menghabiskan waktu kurang lebih 4 tahun untuk mendalami ilmu Bahasa Inggris, khususnya pendidikan Bahasa Inggris, maka saya harus meluangkan waktu untuk bisa memperdalam ilmu ini, sekaligus mempraktikkannya. Ya, saya harus memulai untuk mulai mengajar Bahasa Inggris kembali.

5 ilmu di tahun 2020


Teruntuk Anakku

Nak, surga tidak bisa dibeli hanya dengan berleha-leha. Ia adalah hadiah bagi orang-orang yang sadar betul untuk apa Allah ciptakan dirinya. Ia tahu apa tugas yang harus dilakukan sebagai seorang hamba, orang tua, anak, dan amanah-amanah lain.

Nak, karena cita-cita teramat besar, yakni berkumpul sekeluarga di surga, maka sudah saatnya kita melangkah menuju Allah. Bergegas beramal sholih dan mulai memberi manfaat untuk sekeliling.

Umma dan aba adalah orang biasa yang tidak bisa memberi banyak peran untuk agama ini. Masih hanya bisa jadi penonton saat saudara-saudara kita diluar sana menangis.

Umma dan aba akan mulai belajar. Belajar untuk menjadi lebih baik, belajar meningkatkan kualitas diri. Belajar untuk lebih berarti.

Semoga pertolongan Allah senantiasa mengiringi mimpi-mimpi kita. Aamiiiin.

Dalam lelap tidurmu, umma dan aba mendoakanmu selalu.


7 Januari 2019,
1 bulan 1 pekan usiamu

#janganlupabahagia
#jurnalminggu3
#materi3
#kelastelur
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional

No comments:

Post a Comment

@nabila_haqi