Pengalaman Senam Hamil di RS Al-Irsyad Surabaya




Setiap ibu hamil pasti berharap sang anak lahir dengan sehat dan normal. Berbagai usaha dilakukan para ibu untuk mendapatkannya, salah satunya adalah dengan senam hamil.

Sejak sebelum hamil, saya sering melihat postingan teman-teman yang melakukan senam hamil. Hal itu sukses membuat saya ingin segera hamil dan ikut senam hamil.

Karena termasuk kehamilan beresiko, yakni pernah keguguran dan pendarahan saat hamil, saya akhirnya memilih untuk ikut senam hamil saat memasuki trimester ketiga.

Sebelumnya saat kontrol kandungan bulan ke-6, janin saya masih sungsang. Dokter menyarankan untuk banyak menungging seperti posisi sujud. Saya lalu bertanya, "jika ikut senam hamil, gimana dokter?"
"ya nggak apa," kata dokter.

Setelah mendapat ACC dokter, maka sayapun semangat untuk ikut senam hamil. Setelah cari informasi lewat Google, akhirnya saya memilih RS Al-Irsyad yang jadwalnya sesuai dengan jadwal suami dan cukup dekat dengan rumah.

Review Senam Hamil di RS Al Irsyad




Sebelumnya saya memang pernah kontrol kehamilan di Al-Irsyad. Akhirnya saya kontak cpnya lewat WhatsApp dan mendapat informasi sebagai berikut.

Waktu:
Tiap hari Sabtu pukul 08.00-selesai
Tempat:
Ruang Rehab Wanita RS Gedung Baru lantai 3

Biaya:
Rp 30.000

Pendaftaran:
Langsung datang tanpa perlu daftar

Meskipun dimulai jam 8.00, saya sarankan untuk datang sebelum itu. Karena akan ditensi dan di timbang berat badan. Saya waktu itu terlambat, jadi tidak sempat timbang dan tensi, mau minta juga sungkan.

Disana, sudah disediakan matras. Sayangnya matras yang saya dapat agak keras, tidak ada empuknya sama sekali. Mungkin resiko karena saya datang terlambat juga, karena ada beberapa peserta yang dapat matras empuk. Fungsinya saya kira bukan buat pengaman, lha wong kerasanya seperti ubin. Mungkin hanya agar tidak dingin saja, hehe.

Gerakannya menurut saya adalah perpaduan antara hypnotherapy dan yoga. Awalnya sempat ragu dengan dua metode ini. Tapi setelah lihat video di YouTube, salah satu Ustadz menyatakan bahwa hypnotherapy berbeda dengan hipotesis yang hukumnya haram. Sehingga jika hanya untuk menanamkan presepsi alam bawah sadar, tidak masalah.

Sedangkan yoganya sendiri, meskipun banyak ulama di Indonesia yang menyatakan haram, tapi MUI mengeluarkan fatwa bahwa jika itu murni untuk kepentingan kesehatan, maka dibolehkan. Wa'allahu a'lam. Silahkan memilih yang lebih pas di hati.

Kelebihan Ikut Senam Hamil di Al-Irsyad 

Selain tempatnya yang nyaman, instruktur senamnya sangat friendly, berbeda dengan senam hamil di tempat lain yang saya ikuti. Selain itu, di akhir sesi kita juga mendapatkan minuman kacang hijau yang enak.

Alamat RS Al-Irsyad Surabaya:
Jl. KH Mas Mansyur No. 210-214, Nyamplungan, Kec. Pabean Cantian, Surabaya 

Kontak:
(031) 3531225
WhatsApp +62 812-1651-491

Sekian review dan pengalaman pertama saya ikut senam hamil di RS Al-Irsyad Surabaya. Semoga Allah selalu meridhoi kita dan menjaga janin yang ada dalam rahim kita hingga ia lahir dan tumbuh besar di dunia ini. Aamiiiin.

18 comments:

  1. Sehat sehat selalu ya mom sampai lahiran.. Ikut senam hamil memang banyak manfaatnya. Bikin tubuh lebih bugar menjelang lahiran

    ReplyDelete
  2. Asiknya ya abis kelar senam hamil, makan bubur kacang ijo hehehe :) Iya tentu banyak manfaatnya ikutan senam hamil ini. Apalagi bersama bumil2 lain. Biasanya ada alunan musik yg bisa bikin bobo syantik. Moga2 lancar ya persalinannya aamiin :)

    ReplyDelete
  3. Temanku dlu pas hamil juga merasa terbantu dengan adanya senam hamil. Skarang banyak RS yang telah sediakan senam hamil ya mba dan insyaAllah selalu disehatkan semuanya :)

    ReplyDelete
  4. mbak, mau tanya, kalau senam hamil ga harus di RS yang ada dokter kandungan kita praktik ya? Belum pernah ikut senam hamil niiih. hehe

    ReplyDelete
  5. Yoga pada masa kehamilan manfaatnya baik banget ya gak hanya buat sehat tapi untuk memperlancar persalinan nanti, semangatt trus untuk olahraga yoga mba

    ReplyDelete
  6. Saya belum pernah ikut kelas senam hamil kayak gini. Dari hamil anak pertama hingga anak kedua ini. Padahal pengen juga sih cuma susah cari kelas senam hamil di tempat tinggal saya.

    ReplyDelete
  7. Jadi tidak sabar menunggu masa-masa hamil ini untuk merasakan seperti apa senam hamil merasakan pergerakan janin juga dalam rahim.

    ReplyDelete
  8. Sehat terus bumil..

    Pengalamanku, kalau rutin ikut senam hamil nanti pas lahiran bisa gampang

    ReplyDelete
  9. Murah ya 30rb, di sini harganya beragam. Tapi rata2 50rb buat senam hamil gitu. Jadi kangen hamil. Hehe

    ReplyDelete
  10. Asik juga bisa ikutan senam hamil mbak, aku beberapa kali mau coba waktu hamil dulu gagal terus karena tempatnya jauh.

    ReplyDelete
  11. Wah seru banget bisa ikutan senam hamil ya mbak, aku dulu beberapa kali pengen ikut ternyata gagal terus karena tempatnya jauh.

    ReplyDelete
  12. Sekarang senam hamil sama hypnotheraphy gitu yaa, harganya juga lumayan persekali datang kalu di jakarta, ini di surabaya murah ternyat. Aku baru tau MUI ngeluarin fatwa haram buat yoga pdabal banyak manfaatnya hihi

    ReplyDelete
  13. Masyaa Allah, penting banget ya senam hamil. BTW, semoga sehat selalu ibu dan debay nya dan smg dilancarkan ya mbak sampai lahiran. Aamiin

    ReplyDelete
  14. Aih serunya ikutan kelas hamil. Saya baru anak kedua yang ikutan senam hamil jg. Senengnya ketemu ibu2 yang saling support ya mbak ttg kehamilan. EWh aku pikir Mbak Nabila tu rumahnya Sidoarjo ternyata di Surabayanya di kawasan deket2 kota tuanya ya hehe. Eh apa keliru Nabila yg lain yaa :D

    ReplyDelete
  15. Aku pas hamil anak pertama sempat ikutan senam hamil gitu juga tapi cuma sekali. Hihi. Padahal bagus ya senam hamil ini buat proses kelahiran nanti

    ReplyDelete
  16. sekarang ini udah banyak ya pelayanan dari senam hamil ini mba, karena domisiliku di Tangerang, mau nyari yang nyaman juga ya. Kalo bawa matras sendiri gitu gamasalah kan mba?

    ReplyDelete
  17. wih seru...
    memang penting banget menurutku olahraga untuk ibu hamil
    selain bikin sehat juga ketemu teman2 seperjuangan itu jadi makin semangat

    ReplyDelete
  18. Ga tau kenapa, kalau liat ibu hamil gerak aktif aku suka parno. Parno nya takut ibu hamilnya kesandung, takut kegelincir, takut banyak hal gitu. Heheh. Ternyata emang harusnya begitu ya, harus ada gerakan utk kesehatan kehamilan juga

    ReplyDelete

@nabila_haqi