Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah Keluar Negeri

Sejak SMA, saya sudah punya impian untuk bisa keluar negeri. Seringnya baca buku-buku karya Andrea Hirata, A. Fuadi, Asma Nadia, dll, membuat saya bermimpi untuk bisa naik pesawat ke luar negeri. Bertambah kuliah, bertambahlah rasa penasaran itu karena sering dapat oleh-oleh kakak kelas yang baru saja habis dari luar negeri, meskipun hanya uang koin.

Saya jadi sering berburu tiket pesawat promo. Tapi belum juga kesampaian karena belum ada partner untuk kesana. Mana mungkin keluar negeri sendirian, tanpa ada mahram pula.

Alhamdulillah, mimpi itu tercapai setelah menikah. Tentu saja suami adalah orang yang paling tau tentang mimpi saya ini. Tanpa disangka, ternyata dia jugalah yang lebih mahir berburu tiket-tiket pesawat promo. Saya gak ada apa-apanya ternyata.

Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah keluar negeri
Saat pertama kali bisa naik pesawat 


Nah, darisana saya belajar bagaimana cara mendapatkan tiket pesawat murah keluar negeri. Berikut beberapa tips dapat tiket pesawat murah ke luar negeri.

1. Pilih waktu keberangkat saat weekday

Tips ini paling ampuh. Karena hampir semua maskapai memberikan harga yang relatif rendah saat weekday atau hari kerja, yakni Senin-Jum'at.

Nilai plus saat weekday, tiket tempat-tempat wisata juga jadi relatif lebih rendah dibandingkan weekend. Tempat-tempat itu juga jadi lebih sepi, kan? Kita jadi bebas mengeksplor tempat-tempat wisata tanpa terganggu sesaknya pengunjung.

Selain itu kita juga bisa melihat pemandangan hari kerja di luar negeri, yang tentu tidak bisa kita nikmati saat weekend. Kita jadi tahu budaya orang-orang yang berangkat kerja dan anak-anak sekolah.

Misal saat saya di Singapura, karena sedang weekday, saya bisa belajar betapa tertibnya budaya disana. Anak-anak sekolah mayoritas bersepada, lalu menitipkan sepeda di stasiun dan berangkat naik MRT atau kereta listrik. Begitu pula dengan orang-orang yang bekerja, mereka banyak yang memilih jalan atau naik transportasi umum.

‌2. Jangan datang saat high season di negara tujuan

Tidak jauh beda dengan tips yang pertama, kita juga perlu menghindari waktu-waktu high season atau musim liburan di tempat tujuan kita.

Misalnya saat pergantian tahun baru, di bulan Juni karena musim anak sekolah liburan, musim Sakura di Jepang atau saat musim salju di Turki (Tapi untuk terakhir itu rasanya gak afdhol ya kalo nggak datang di musim salju)

Ketika high season harga bisa 30-100% lebih mahal dari harga normal.

Trik jitu mendapat tiket pesawat murah
Pemandangan yang dinanti tiap penumpang pesawat 

Baca: 3 Cara untuk bisa Keluar Negeri 


3. Booking tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan

Jika ingin mendapatkan tiket murah, sebaiknya kita memesan minimal tiga bulan sebelum keberangkatan. Akan lebih baik jika kita pesan 6 bulan sebelum keberangkatan.

Beda maskapai beda juga strateginya, karena ada maskapai yang justru memberikan promo saat mendekati hari keberangkatan, daripada tempat duduk pesawat banyak yang kosong.

Biasanya mereka menawarkan promo satu pekan sebelum berangkat, dan ini bisa berlaku juga saat high season atau musim liburan. Jadi, poin 2 bisa jadi tidak berlaku. Tergantung seberapa pekanya kita dengan informasi yang ada. #peka

4. Mengikuti grup-grup traveling backpacker di sosial media

Inilah yang saya pelajari dari suami saya. Dia mengikuti banyak komunitas backpacker di sosial media, terutama Facebook. Disana akan banyak agen yang menjual promo tiket pesawat murah.

Nah, jika kita berpengalaman, kita bisa lihat tanggal yang ditawarkan agen tersebut, lalu kita cari sendiri di aplikasi jual beli tiket, misalnya di Blibli.com.

Tapi ada juga diantara mereka yang bukan agen. Mereka bisa menjual tiket pesawat murah karena dia mendapat diskon dari fasilitas yang dia punya. Karena tidak ia gunakan, jadilah dijual saja. Bisa juga membeli dari mereka yang menang lomba, dll.

5.   Gunakan mesin pencari atau aplikasi tiket pesawat 

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, dengan aplikasi yang ada sekarang, kita bisa membandingkan harga-harga tiket pesawat dari banyak airlines. Bahkan ada juga aplikasi yang bisa mencari waktu-waktu saat airlines memberikan harha terendahnya.

Misalnya saat kita ingin cari destinasi Malaysia, setelah kita masukkan tanggal keberangkatan dan tempat tujuan, maka akan muncul beberapa opsi harga tiket, keberangkatan, dan maskapai.

Misalnya di list teratas, ada maskapai Wings Air. Kita tinggal klik, jika jam check in pas dengan kebutuhan kita, tinggal isi data dan pilih opsi pembayaran. Semua sudah sangat mudah karena kita hanya mengikuti step by step yang sudah disediakan.

Cara dapat tiket pesawat murah

Demikian tips dari saya. Semoga Allah berkahi setiap perjalanan kita. Allah selipkan manfaat dan hikmah dari bumi yang kita jejak. Selamat menjelajah dan menemukan ilmu dan pengalaman baru.


18 comments:

  1. tips bermanfaat yang susah2 gampang diterapkan ya mba, mesti tekun dan gerak cepat terutama buat dapet tiket murahnya

    ReplyDelete
  2. ini yang harus dipantengin terus ya mbak utk cari tiket murah. Btw alhamdulillah akhirnya impiannya bisa terwujud.

    ReplyDelete
  3. Plus minus sih kalau kita datang pas musim liburan, yang Plus nya rame, minusnya pas mau foto jadi ngantre hehe

    ReplyDelete
  4. Kalau aku sih pesan dari 2-3 bulan sebelumnya lumayan dapat harga lebih murah dan pakai promo2 yang ada hehehe

    ReplyDelete
  5. saya juga hobi mencari tiket promo mom. apalagi sekarang banyak promo-promo maskapai, itu beneran murah banget sih ya.
    apalagi kalau membandingkan dengan tiket-tiket pesawat domestik, duh rasanya mending jalan-jalan ke luar negeri aja deh.

    ReplyDelete
  6. Booking pesawat jauh-jauh hari memang jatuhnya suka lebih murah :D teman saya yang suka keluar negeri juga gitu pesen tiket pesawat jauh hari

    ReplyDelete
  7. Cari tiket pesawat murah emang gampang-gampang susah. Mesti mantengin web atau aplikasi travelinya biar dapat, trus memang pilih yang low season dan pesannya juga mesti jauh-jauh hari

    ReplyDelete
  8. Tipsnya bermanfaat banget nih. Ternyata travelling itu ngga selamanya mahal ya, Mbak. Thanks ya sharingnya :)

    ReplyDelete
  9. Waah alhanalhamdul yaa mba jodohnya ternyata perantau terwujud nya keinginan hehe. Akupun Dari dlu pengen banget berburu Tiket murah tapi somehow selalu gagal. Pengen Coba lagi skrg eh passport expired, kudu diperpanjang XD

    ReplyDelete
  10. Bener banget, biar dapat harga murah emang harus weekday ya. Jangankan tiket pesawat, hotelpun gitu. Jadi kalau mau liburan pilih weekday aja, hehehe

    ReplyDelete
  11. Sebagai mantan karyawan perusahaaan penerbangan saya paham banget dah klo travelling jgn pas peak season karena ga cuma tiket yg mahal penginapan juga ikut mahal

    ReplyDelete
  12. Kalo mau dapat tiket murah harus y mba psen dari jauh2 hari biar dapatnya yang murah pngalaman bangt kalo suasana lagi liburan itu tiket smuanya mahall

    ReplyDelete
  13. Tipsnya manfaat banget mbak .Kudu disimpan dalam memori nih. Supaya next time kalo waktunya udah tepat bisa mempraktekkan juga

    ReplyDelete
  14. Saya suka malas kalau jalan-jalan saat high season. Selain harga tiket jadi lebih mahal, di mana-mana juga penuh wisatawan.

    ReplyDelete
  15. Kalau berburu tiket promo itu harus tekun dan sabar.

    Karena harus terus mencari sampai ketemu yang paling murah

    ReplyDelete
  16. Nomor 4 betul banget mbak, kadang di grup sering banyak racun tiket-tiket murah

    ReplyDelete
  17. Betul. Pengalaman dapet tiket promo ya harus belinya pas weekday dan bukan musim liburan. Pasti dapet harga murah banget

    ReplyDelete
  18. Aku pernah dapat tiket promo pas pergi ama teman2. Menyenangkan sekali karena bisa lebih hemat :D

    ReplyDelete

@nabila_haqi