Mengenalkan Anak tentang Perbedaan Gender


Akhir-akhir ini dunia memang digoncang dengan krisis gender. Mulai banyak laki-laki berubah jadi perempuan, lalu jadi tren.

Mereka mendapat panggung istimewa. Jika dulu mungkin kita hanya bisa lihat mereka di jalanan, kini mereka tampil di sosial media. Tiap hari kita tonton. Bahkan jadi viral.

Belum lagi lesbian, gay, dan turunannya. Membuat para orang tua ngeri. Konsep gender menjadi kabur. Perbedaan peran antara laki-laki dan perempuan jadi abstrak.



Sebelumnya, perlu saya jelaskan dulu. Apa bedanya dengan jelas kelamin? Jenis kelamin hanya mengacu pada hal biologis. Sedangkan gender mengacu pada perbedaan sifat, peran dan tanggung jawab.

Mengapa harus Mengenalkan Konsep Gender? 

Memahamkan gender pada anak harus dilakukan sejak dini. Sebab pemahaman di masa golden age inilah, memory akan tertanam kuat. Pemahaman ini kemudian berpengaruh pada perilakunya kelak. Ya, orang tualah yang berperan untuk memahamkan perbedaan konsep gender ini.

Bagaimana Caranya? 

Pemahaman ini harus dimulai sejak masih menjadi janin dalam kandungan. Setelah USG dan tahu jenis kelamin anak, kita bisa memilihkan anak perempuan baju dan perlengkapan yang berwarna pink. Sedangkan jika laki-laki, tentu saja jangan sampai sebaliknya.

Dilanjutkan saat anak-anak lahir. Kita harus memilihkan anak laki-laki yang sesuai dengan fitrahnya, misalnya mobil-mobilan, robot-robotan, atau pedang-pedangan. Tentunya harus yang aman untuk usianya.

Dilanjutkan dengan bermain role play. Ajari anak laki-laki berperan sebagai kepala keluarga. Agar fitrahnya terawat, yakni bekerja, mengayomi dan melindungi.



Berbeda dengan anak perempuan, beri mainan yang mengasah kelembutan dan fitrah lain sebagai perempuan, misalnya boneka, dokter-dokteran, dan masak-masakan. Jangan sampai terbalik.

Jika suatu saat anak bermain alat kelaminnya, jangan dimarahi. Pahamkan dengan lembut mengapa ia tidak boleh bermain dengan itu.

Baca: Mengenalkan Pendidikan Finansial Sejak Dini 

Jangan lupa juga menggunakan media untuk mengenalkan perbedaan tugas laki-laki dan perempuan. Ceritakan indahnya siroh nabi dan para sahabat. Misalnya saat pertempuran, sahabat laki-laki bertugas untuk melawan musuh di garis depan.

Sedang para wanita bertugas untuk merawat korban yang terluka, menyiapkan makanan, dll. Intinya adalah mengenalkan peran dan tugas masing-masing.

Semoga kita bisa merawat fitrah anak kita dengan sebaik mungkin. Kita terus berdoa supaya kelak anak-anak kita tumbuh menjadi generasi emas sesuai dengan perannya masing-masing.

Nb:
Tulisan ini adalah resume dari hasil presentasi kelompok 1 Bunda Sayang dengan tema Pemahaman Perbedaan Gender.

#Bunsaylevel11
#Fitrahseksualitas
#kuliahbundasayangIIP




Comments

  1. Mbaaa, ikut bunsay? Huhu aku belum jadi jadi niih. Btw aku setuju banget sama value menjaga fitrah anak dan mengajarkan soal gender, penting pake banget. Mulai dari dini dan mulai dari hal yang simple

    ReplyDelete
  2. Jangan lupa juga menggunakan media untuk mengenalkan perbedaan tugas laki-laki dan perempuan. <<< ini setuju, aku punya anak perempuan dan laki2, sudah aku ajarkan tentang ini sejak dini

    ReplyDelete
  3. Aamiin inti kedekatan orang tua juga mempengaruhi pergaulan nantinya,,, tugas Kita yg utama membuat mereka ngerti antara lk dn pr

    ReplyDelete
  4. Betul mba harus dikenalkan sejak dini pada fitrah anak biar terhindar dari hal yg buruk

    ReplyDelete
  5. Aku sempat baca di Instagram kak Nabila dan memang banyak banget peer orang tua ya kak buat masalah gender ini.

    ReplyDelete
  6. Banyak yang anggap enteng memperkenalkan fitrah kepada anak. Tapi menurutku penting untuk dikenalkan sejak dini. Jangan sampe deh :(

    ReplyDelete
  7. Kalau aku dari kecil memang sudah aku perkenalkan tentang konsep gender ini karna jujur punya rasa takut kalau saat dewasa tidak berlaku secara fitrahnya

    ReplyDelete
  8. Ini emang perlu menurutku mba, mengingat zaman skrg juga makin banyak kejahatan yang sasarannya anak kecil. Next kalau sudah bisa mengerti anakku bakal aku ajarin juga mba ❤

    ReplyDelete
  9. Mengenalkan anak akan gender sejak dini saya setuju mba, itu yang saya terapkan kepada anak-anak saya. Agar anak mengenal fitrahnya.

    ReplyDelete
  10. Serem ya, mba tentang perubahan gender. Aku memang aware ke anak anak, termasuk juga memberi tahu mereka tentang transgender. Biar anak anak paham dan tahu mana yang benar

    ReplyDelete
  11. Nah, bener ya mba, ternyata mengenalkan gender di usia dini itu penting. Memberi batasan juga ke bedanya laki dan perempuan.

    ReplyDelete
  12. dari permainan seperti ini anak jadi tau peran masing masing gender ya...

    ReplyDelete
  13. Bener banget sejak dini harus mengenalkan anak akan gender. Terkadang anak laki-laki maunya main boneka dan perempuan mau main tembak-tembakan. Sebenarnya sih dalam dunia permainan sah-sah saja. Tapi kalau sudah dikaitkan gender memang berbeda ya.

    ReplyDelete
  14. Setuju mom, anak harus dikenalkan dengan perbedaan gender sejak dini

    ReplyDelete
  15. Setuju mbak, aku termasuk orangtua yang tetap mengenalkan dengan fitrahnya. Supaya kelak dia tau posisinya ada di mana.

    ReplyDelete

Post a Comment