#3 Melatih Pendidikan Finansial dengan Celengan 3-S (Spend-Save-Share)



Mengenalkan pendidikan satu-satu ini memang gampang-gampang susah. Bagi kita yang sering mendapati anak kita tantrum saat minta sesuatu, pasti merasakan kesulitannya.

Anak pada usia dini ini kadang tidak bisa mengerti penjelasan kita, seolah tidak mau tahu. Padahal mungkin apa yang ia minta bukan sesuatu yang dibutuhkan.

Lalu bagaimana cara mengajari mereka tentang kebutuhan dan keinginan? Bagaimana cara memahamkan pada mereka bahwa mereka tidak bisa dengan mudahnya menyetop setiap pedagang yang lewat di depan rumah?

Melatih dengan Membuat Celengan 3S

Untuk anak-anak di usia pra TK hingga umur 7 tahun, mereka mulai bisa dikenalkan dengan membuat 3 celengan dengan kegunaan yang berbeda. Cara ini saya dapatkan di kelas Bunda Sayang saat memasuki tantangan mendidik anak cerdas finansial sejak dini.

Berikut  3 kegunaan (3S) dari masing-masing celengan.

1. Spend 

S yang pertama adalah spend atau belanjakan. Kita bisa memulai melatih mereka untuk menyisihkan uang khusus untuk kebutuhan mereka. Misalnya jajan atau mainan kesukaan mereka.

2. Save

S yang kedua adalah menyimpan sebagian dari uang yang kita berikan. Jika mereka ingin sesuatu yang cukup mahal, ajak mereka untuk menabung di celengan ini terlebih dahulu.

3. Sedekah 

Kenalkan mereka untuk berbagi dengan orang lain. Ajak mereka menyisihkan sebagian uang untuk mereka yang membutuhkan.

Nah, berikut tadi beberapa tips yang bisa bunda coba. Ingat, pada usia ini anak belum bisa diajarkan dengan hukuman, karena menurut Ali bin Abi Thalib kita harus memperlakukan anak dibawah 7 tahun seperti raja.

Semoga Allah memberıkan kita kemudahan dalam mendidik anak-anak kita, Aaamiiiiin.


#KuliahBunsayIIP #Tantangan10Hari #Level8 #RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari #CerdasFinansial 

Comments