#7 Mendidik Anak Cerdas Finansial di Usia Remaja



Cepat atau lambat, anak-anak akan tumbuh dewasa, menjadi para pemuda pemudi. Sesuai fitrahnya, seorang remaja tidak suka diatur atau didikte. Begitu teori yang saya baca. Para bunda yang memiliki anak remaja tentu jauh berpengalaman.

Tidak jauh berbeda dengan konsep Parenting ala sahabat Nabi, Ali bin Abi Thalib punya tips untuk mendidik anak usia remaja atau diatas 14 tahun. Para orang tua harus memperlakukan mereka seperti sahabat.

Seperti kita tahu, bahwa mereka telah memasuki masa baligh atau mukallaf. Akalnya telah berjalan sempurna dan seluruh amal akan dihisab di akhirat.

Lalu bagaimana cara kita mengajari kita sebagai orang tua mengajari cara mendidik finansial mereka.

Berikut beberapa tips yang saya kutipan dari para ahli.

1. Mengajari Mereka Membuat Proposal Keuangan


Wah, berat amat ya? Jangan su'udzon dulu. Kita cukup meminta anak menuliskan Kebutuhan-kebutuhan mereka selama sebulan. Mudah, bukan?

Namun sebelumnya kita harus mengaudit pengeluaran tersebut. Jika yang mereka tulis hanya sekedar keinginan atau kebutuhan yang tidak mendesak, maka kita harus mendiskusikan lagi dengan mereka.

Ingat, bahwa mereka tidak suka dinasihati, jadi kita hanya mengajaknya berdiskusi.

Setelah kita audit, barulah kita berikan mereka uang sejumlah yang dibutuhkan.

Cara seperti ini adalah tips dari Ustadz Salim A. Fillah. Sebagaimana perlakuan orang tua beliau saat sang Ustadz remaja.

Selengkapnya ada di tulisan berikutnya. 


#KuliahBunsayIIP #Tantangan10Hari #Level8 #RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari #CerdasFinansial 

Comments