#9 Pendidikan Finansial ala Khalifah Umar bin Abdul Aziz

Ilustrasi kesederhanaan khalifah


Saya terhenyak saat membaca kisah tentang bagaimana Umar bin Abdul Aziz mendidik anak-anak beliau. Sebagaimana banyak telah kita baca, bahwa Umar bin Abdul Aziz adalah seorang khalifah yang sangat sukses dalam memimpin rakyatnya.

Hanya dalam masa kemimpinan 29 bulan, beliau mampu menyejahterakan rakyatnya. Sejarah mencatat, waktu itu tidak lagi ditemukan orang yang berhak menerima zakat.

Kisah pendidikan finansial sang ayah pada anak-anaknya tercermin pada saat beliau di ujung usia. Saat beliau sakit keras, salah satu stafnya, Maslamah binti Abdul Malik berkata padanya,

"Ya amirul mukminin, engkau telah menguapkan harta anda dari mulut anak-anak Anda. Akan lebih baik jika Anda mewasiatkan anak-anak Anda kepada saya atau orang-orang seperti saya yang akan menanggung biaya mereka."

"Aku sudah dengan perkataanmu wahai Maslamah. Adapun kalimatmu bahwa aku menguapkan harta dari mulut anak-anakku, maka demi Allah, aku tidak pernah mendzolimi mereka jika itu hak mereka. Sebagaimana aku tidak mungkin memberikan sesuatu yang bukan hak mereka.

Adapun agar aku mewasiatkan anak-anakku kepadamu. Maka wasiat saya untuk mereka adalah firman Allah subhanahu wa Ta'ala,

اِنَّ وَلِيِّ يَ اللّٰهُ الَّذِيْ نَزَّلَ الْـكِتٰبَ ۖ وَهُوَ يَتَوَلَّى الصّٰلِحِيْنَ

"Sesungguhnya pelindungku adalah Allah yang telah menurunkan Kitab (Al-Qur'an). Dia melindungi orang-orang saleh."

(QS. Al-A'raf 7: Ayat 196)

Berlanjut ke tulisan berikutnya.

Comments