5+ Fashion Item Pria Wajib Saat Traveling



"Ma, siapin bajunya ya!"

Perintah suami pada saya setiap kali hendak akan traveling, baik urusan dinas ataupun liburan bersama keluarga.

Para bunda pasti juga merasakan hal yang sama, kan? Para suami akan patuh apapun pilihan outfit baju dari kita istrinya.

Tentu kita harus punya ilmu karena kebutuhan sandang ini pasti sudah menjadi kebutuhan primer.

Apalagi jika perjalanan keluar negeri yang mengharuskan kita menghabiskan waktu berhari-hari bahkan berminggu-minggu diluar rumah. 

Berikut tips agar tidak ada barang bermanfaat luput kita perhatikan saat traveling.

Perhatikan Dulu Musim dan Suhu Udara di Tempat Tujuan

Tips ini sangat diperlukan sebelum kita menentukan pakaian yang dibawa. Apalagi jika perjalanan kita keluar negeri. Tanyakan dulu pada travel jika kita bergabung dalam rombongan perjalanan. Jika tidak, cari di internet atau tanyakan pada teman yang sudah pernah datang. ke daerah yang kita tuju. 

Fashion Item untuk Negara Bersuhu Stabil 


Jika destinasi kita saat itu sedang musim kemarau dengan suhu normal antara 20-30 derajat, seperti di Indonesia dan Negara Asia Tenggara, maka jangan lupa check list semua item berikut.

1. Kemeja batik atau setelan jas 

Item satu ini tidak boleh disepelekan, apalagi jika ada acara formal yang harus kita datangi, misalnya seminar atau acara silaturahim dengan keluarga.

Kemeja juga akan sangat bermanfaat saat kita melaksanakan sholat. Kita bisa siapkan satu kemeja khusus untuk sholat atau aktivitas lainnya saat traveling.


2. Kaos kerah atau kaos oblong 


Kaos adalah Fashion pria wajib


Semua pria pasti setuju jika item ini memang wajib dibawa. Namun pastikan bahan cutton atau yang menyerap keringat. Klik disini untuk cari tahu rekomendasi brand yang tepat.

3. Celana dengan bahan yang menyerap keringat dan tidak ketat

Celana memang tidak bisa lepas dari barang bawaan. Namun perhatikan jenis celana dan bahan yang menyerap keringat juga, sama dengan outfit lainnya.

Hindari celana berbahan ketat seperti jeans atau legging. Selain tidak sesuai dengan kita sebagai Muslim, bahan yang satu ini juga tidak baik untuk kesehatan.

4. Sepatu kets atau sneakers yang Kuat 

Sepatu memang beragam jenis dan modelnya. Namun untuk urusan traveling, apalagi keluar negeri, jangan asal sembarang pilih sepatu. 

Pasti susah kan jika di tengah perjalanan, sepatu kita rusak atau ternyata tidak sesuai dengan kondisi jalanan tempat kita berpijak.

Jadi pastikan sepatu kita benar-benar kuat. Kedua mengapa saya sarankan memakai kets atau sneaker? Karena ini adalah pilihan terbaik para traveler dunia. Masa iya mau pakai sepatu untuk pergi kantor, hehehe.

5. Sandal untuk berwudhu

Ini nih item yang sering lupa. Padahal diperlukan untuk kita yang harus berkali-kali pakai dan lepas sepatu. Apalagi para laki-laki harus sholat minimal 3 kali dalam sehari (sebaiknya menjamak sholat, kecuali saat umroh). 

Item Tambahan Saat Winter

Berbeda jika destinasi saat itu sedang Musim Salju atau Musim Dingin dengan Suhu dibawah 10 derajat. 

Misalnya saat kita mengunjungi negara-negara Eropa, Amerika, dan beberapa negara bagian Asia dan Australia. Berikut barang yang wajib ditambahkan.

1. Jaket tebal lengkap dengan lapisannya

Jangan sampai kita lupa barang satu ini saat pergi ke tempat yang sedang winter. Kita bisa membeku tanpanya. Selain jaket tebal, pastikan kita sudah menyiapkan baju-baju yang menjadi pelapis. Biasanya orang-orang akan memakai baju 3-5 lapis dengan tambahan jaket tebal diluar.

2. Syal, kaos tangan dan kaos kaki, kupluk atau topi winter, dan penutup telinga 



Bagian tubuh yang akan merasakan hawa dingin paling ekstrem adalah tangan, telinga dan kaki. Sedangkan tubuh sudah tertutup rapat oleh pakaian kita. Oleh karena itu mengapa masyarakat yang hidup di daerah dingin pasti menggunakan syal, kaos tangan, dan kaos kaki.

3. Sepatu tebal (boot atau sneaker) 

Sudah jamak diketahui bahwa sepatu adalah fashion item wajib saat berada di salju. Jangan sampai kita lupa, karena tentu tidak mungkin kita memakai alas kaki jenis sandal atau sepatu tipis. Sepatu jenis tebal ini akan menahan kaki kita dari terjangan suhu dingin



Sedangkan jika destinasi kita adalah tempat dengan cuaca yang tinggi, seperti negara-negara Arab dan Afrika, maka beberapa barang tambahan yang wajib dibawa adalah kaca mata hitam.

Kita juga harus memilih pakaian yang berwarna terang agar tidak menyerap panas.

Sekian tips dari saya. Tolong tambahkan jika teman-teman punya tips traveling atau fashion item yang wajib dipakai saat traveling, ya.
Have a nice and baraka traveling. 



Comments

  1. Kalau saya, selalu saramin partner saya untuk bawa kaos oblong/ berkerah + sandal gunung. Biar jalan-jalannya tetap nyaman, apalagi di tengah cuaca yang panas banget. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. List tambahan tuh, Mbak.. Makasih ya, sarannya.

      Delete
  2. mantapp. keren bgt saran dan tulisanny dek 💕

    ReplyDelete

Post a Comment