Review Buku Thibbul Qulub - Ibnul Qayyim Al-Jauziyah

Meski hari ini saya sedang recovery dari sakit, saya berusaha agar mulai produktif. Alhamdulillah sudah bisa mengajar lagi, dan tentu saja sudah membaca satu buku lagi yang fenomenal, Thibbul Qulub atau obat hati. Buku ini sudah saya beli cukup lama, sekitar setahun yang lalu di Islamic Book Fair di DBL Arena.

Buku ini adalah karya ulama terkenal Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah, seorang murid dari Syekh Ibnu Taimiyyah. Kitab yang telah beliau tulis sangat banyak. Buku-bukunya banyak dikaji di majelis-majelis ilmu para ulama’. Buku lain karya Ibnul Qayyim yang saya miliki adalah Ad-Daa’ wa As-Dawaa’.

Pada halaman pendahuluan, penulis menyatakan bahwa hati ibarat raja yang menggerakkan seluruh tubuh. Setiap amalan yang dilakukan oleh tubuh adalah sebuah presentasi dari kondisi hati.
Sebagaimana firman Nabi shallahu 'alaihi wasallam,

Ketahuilah sesungguhnya di dalam tubuh terdapat segumpal daging. Apabila daging tersebut baik maka baiklah seluruh tubuhnya. Dan apabila segumpal daging tersebut buruk, maka buruklah seluruh tubuhnya. Ketahuilah segumpal daging itu adalah hati.

Pada bab pertama penulis menyebutkan jenis-jenis hati, yaitu hati yang sehat, hati yang mati dan hati yang sakit. Sedangkan pada bab dua menerangkan tentang tanda-tanda hati yang sakit dan sehat. Pada bab ini kita bisa berkaca termasuk golongan yang manakah hati kita. Jika termasuk dalam hati yang sakit, maka kita bisa mengetahui penyebabnya dalam bab ini juga, yakni hal-hal yang merusak hati dan sebab-sebab sakitnya hati.

Bab ketiga masih seputar hati yang sakit dan sebab-sebab sakitnya hati. Bab keempat baru menginjak solusi bagaimana menjaga hati dari nafsu. Bab kelima lebih detail menjelaskan tentang cara melepaskan hati yang tertawan setan.

Dibandingkan dengan buku-buku klasik lainyya, Thibbul Qulub ini lebih mudah dipahami, terjemahannya luwes alias tidak kaku. Sangat cocok membahasanya dalam kajian-kajian keilmuan Islam. Bagi teman-teman yang hendak meminjam, bisa langsung datang ke rumah saya dengan menghubungi sosial media yang saya ada di header blog. Sekian, semoga buku ini membawa banyak manfaat dan dapat saya sekeluarga amalkan, karena memang begitulah hakikat ilmu.

Judul buku : Thibbul Qulub
Penulis : Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah
Penerbit : Pustaka Al-Kautsar
Jumlah halaman : 257



#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

Comments