"24 Jam bersama Allah", Bisa!

Masih ada 6 hari untuk menyelesaikan tantangan membudayakan literasi atau gemar membaca di keluarga.

Hari ini aktivitas saya dan suami banyak di luar, salah satunya di rumah orang tua di Surabaya Barat.

Saatnya saya mereview hasil baca-baca selama di rumah orang tua ini.



Panduan 24 Jam Bersama Allah

Buku ini adalah kitab terjemahan dari judul aslinya: Yaumun Fi Hayatil Muslim Adabu Yaumil Jum'ah Shahih Adzkaris Shalah. Dengan kemampuan Bahasa Arab yang pas-pasan, artinya kurang lebih Panduan Hari-Hari Seorang Muslim, Adab di Hari Jumat dan Dzikir yang Shohih Sesudah Sholat Fardhu.

Ditulis oleh Syekh Muhammad Hasan Yusuf.

Buku Panduan 24 Jam Bersama Allah ini berisi beberapa tuntutan dalam mengisi hari-hari kita sesuai dengan sunnah-sunnah Rasul tercinta.

Sebagaimana kita tahu bahwa kita kelas akan diminta pertanggungjawaban oleh Allah atas nikmat-nikmat yang telah diberikan pada Kita.

"Tidak akan tergelincir kaki seorang anak Adam pada hari kiamat dari sisi Arabnya hingga ia ditanya 5 hal tentang umur untuk apa dia habiskan, tentang masa muda kemana dia gunakan, tentang harta dari mana dia dapatkan, dan kemana ia infakkan, dan apa yang telah dia kerjakan terhadap ilmu yang telah dia ketahui. (Shahih Sunnah At-Tirmidzi nomor 2416; hadits shahih).

Buku ini membuka mata kita tentang banyak hal tentang adab-adab sebagai seorang muslim. Misalnya adab masuk kamar mandi, mengendarai kendaraan, adab safar atau saat di perjalanan, adab makan, adab ketika masuk waktu dhuha, bekerja dan masuk pasar, hingga adab-adab lain seputar kegiatan kita sepanjang hari.

Selain panduan tentang aktivitas dan sunnah Nabi tercinta, buku ini juga menyajikan dzikir-dzikir misalnya dzikir pagi dan sore doa-doa khusus dan dzikir dzikir sesudah sholat fardhu.

Semoga kita bisa mengikuti jejak Nabi Muhammad dalam mengisi hari-hari beliau. Tentu saja dengan mengetahui  kebiasaan Nabi dalam menjalani kita, hidup kita akan dituntut oleh cahaya petunjuk.

Sekian, tulisan dari saya. Semoga bermanfaat.

Judul buku: Panduan 24 Jam bersama Allah
Penerbit: Aqwam jembatan ilmu Penulis: Syekh Muhammad Hasan Yusuf
Alih bahasa: Tengku Azhar
Cetakan pertama: April 2013 Masehi


#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

No comments:

Post a Comment

@nabila_haqi