Spot Keren di Changi Airport - Bandara Terbaik di Dunia

Tahun 2018 meninggalkan kenangan yang sangat tidak terlupakan bagi kami: backpacker keluar negeri! 



Tujuan utama kami adalah ke Malaysia. Lalu saya request ke suami, kenapa tidak ke Singapore saja, sekalian mempraktikan Bahasa Inggris kita. Akhirnya suami memilih jadwal penerbangan ke Malaysia dengan jadwal transit ke Singapore, transit dengan waktu terlama yang hampir 10 jam. Jadi kami cukup puas berkeliling Singapore. 

Selain mengitari spot sekita Changi Airport, saya bisa mengunjugi ikon utama Singapore yaitu Marina Bay atau komplek taman dengan air mancur singa yang terkenal itu. Sebenarnya ada tour gratis yang di fasilitasi oleh bandara bagi penumpang dengan waktu transit lebih dari 4 jam. Sayangnya karena waktu kunjungan hanya beberapa menit saja. Tentu kurang puas, kan?

Sebenarnya banyak sekali fasilitas dan spot yang ada di Changi Airport ini. Sayangnya kami hanya mengunjungi spot yang kami lalui saja. Kenapa? Tentu saja karena kami ingin berkeliling negera di Singapura, dan waktunya hanya 10 jam. 

Taman buatan dimana-mana



1. Chirphu Chimes (Taman Buatan dengan Suara Burung-Burung)



Memasuki area ini kita akan disambut dengan taman-taman buatan dan suara burung-burung. Tapi jangan harap menemukan sangkar burung disini ya. Karena suara burung-burung ini direkan dari hutan hujan tropis yang ada di Sarawak, Borneo. Sebuah alat bernama 'shotgun' microphone digunakan untuk merekam suara dari jarak yang jauh.

2. Koi Pond


Lagi-lagi spot yang ada di Changi Airport tidak lepas dari taman-taman buatan. Bedanya spot kali ini dihiasi dengan kolam ikan Koi dan jembatan yang unik dan instagramable. Ada jadwal memberi makan ikan yang bisa kita ikuti, yakni pukul 8.30 pagi dan setengah 4 sore (kecuali hari Ahad ada jadwal yang berbeda).









Jembatan yang ada di Koi Pond atau Kolam Koi

3. Whistle to me and shine on me


Pada spot kali ini kita bisa bermain dengan taman buatan yang terbuat dari sejenis plastik atau kertas. Ada dua jenis permainan, pertama adalah "whistle to me".  Tinggal bersiul atau mengeluarkan suara di lubang kecil, maka aneka bunga, pohon dan hewan-hewan itu akan bergerak.







Kedua adalah "shine on me", caranya dengan menyinari lubang kecil dengan sinar kamera smartphone. Setelah menyinarinya, pohon-pohon itu akan bererak-gerak cantik.




4. Pijat Refleksi Gratis


Jika di Bandara Juanda kita harus membayar untuk pijat refleksi, disini semua serba gratis. Kita bebas memencet sendiri dan mensetting kecepatan pijatan. Benar-benar nyaman apalagi saya mencobanya setelah penerbangan dari Surabaya. Lokasinya cukup mudah yakni di area setelah kita keluar dari pintu arrival gate. 



5. Air Minum Gratis


Tidak perlu takut kehausan saat berada di Changi Airport, karena ada tempat air minum untuk mengisi ulang, persis seperti di beberapa taman di Surabaya. Jadi kalau ke luar negeri jangan lupa membawa botol air minum.

Ada kejadian lucu saat kami sampai di bandara KLIA Malaysia. Kami bertanya pada petugas, dimana tempat mengisi ulang air gratis. Dia bilang, "disini tidak ada, this is Malaysia, not Singapore".

Terakhir, silahkan menonton video yang telah kami buat spesial untuk pembaca. Selamat berlibur dan semoga berkah!







1 comment:

  1. Kalau di Changi Airport tuh berasa ada forest indoor. Bandara aja dibikin taman buatan, waterfall buatan, sejuk banget.
    Btw, kalau saya ke Singapura suka bawa botol minum sendiri dan suka cari cari water tap salah satu alasannya karena hemat. Sayang aja duitnya air mineral botolan harganya 3 sgd masa ��

    ReplyDelete

@nabila_haqi