5 Keseruan Nge-Blog



Saya sudah memulai ngeblog (menulis blog)  cukup lama, sejak zaman SMP. Awalnya minta dibuatkan oleh tante. Seneng banget? iya. Apalagi setelah tante saya pasang internet di rumah. Hobi menulis makin tersalurkan.

Tapi rupanya menulis di blog mengalami titik jenuh saat saya merasa menulis hanya buat diri sendiri. Ditulis sendiri, di baca-baca sendiri. Akhirnya  saya hijrah ke notes Facebook. Kenapa? Karena merasakan langsung interaksi dengan pembaca setelah mentag mereka. Maafkan, yang pernah saya tag ya, hehe.

Blog yang sempat mati suri menjadi hidup lagi setelah lulus kuliah. Saya bertemu seorang professional blogger (she make money from her blog) dan memintanya untuk mengajari saya.

Lomba masak dan dapat fee


Jadilah saya tau, kenapa nulis di blog serasa tidak menyenangkan dan krik-krik tanpa ada komentar (hayo siapa yang pernah ngalami juga?)

Berikut alasannya.

1. Tidak punya komunitas
2. Tidak memberikan komentar di blog teman

Setelah tau resepnya, saya jadi tau bahwa ternyata menulis blog sangatlah menyenangkan. Kenapa? Berikut 5 hal yang harus sahabat tahu, asyiknya jadi seorang blogger!

1. Sarana Eksis di Dunia Digital


Apa bedanya eksis di sosial media dengan eksis di blog? Jawabannya, eksis di media sosial seakan tidak memiliki manfaat dan bahkan membuang waktu produktif kita dengan percuma (meskipun tidak semua ya).

Sedangkan di blog kita tidak sekedar ekssi, tapi berkarya!

Siapapun kita, bukankah kita harus berbagi ilmu yang bermanfaat?

Misalnya kita seorang pengajar, kita bisa berbagi teknis mengajar yang kekinian di blog. Atau saya yang hobi jalan-jalan, bisa menjadikannya bermanfaat dengan memberikan referensi tentang tempat-tempat yang layak dikunjungi.

Review pengalaman ke Malaysia


2. Menuntut Kita untuk Upgrade Skill dan Wawasan 


Dengan menulis blog, berarti kita siap untuk mendapatkan ilmu yang lebih dan lebih banyak.

Misalnya dengan membaca buku, membaca artikel dari tokoh-tokoh nasional atau menghadiri seminar dan majelis ilmu.

Apalagi saat menjadi (professional) blogger, kita akan mendapat banyak undangan untuk menghadiri blogger gathering, di sanalah kita belajar mengeksplor ilmu dan mengemasnya menjadi sebuah tulisan. Kita bisa belajar bagaimana teman-teman blogger yang lain menuliskannya.

Bahkan setelah jadi blogger inilah saya bisa mengedit gambar, bikin gambar kece, dan membuat poster atau banner.

Dapat ilmu dan teman baru di Hoka-Hoka Bento


3. Mengasah Kecerdasan Linguistics


Kita tentu tahu bahwa kemampuan bahasa adalah salah satu kemampuan yang dimiliki manusia dalam multiple intelegency. Selain linguistik, ada auditori, intra personal, matematik, dan berbagai macam kecerdasan lainnya.

Dengan kata lain menulis akan membuat kita cerdas. Sebab saat menulis otak kita senantiasa berpikir. Bahkan tips ampuh saat saya ngantuk adalah dengan menulis, seketika ngantuk langsung lenyap!


4. Jalan-Jalan, Makan-Makan, dan Menambah Penghasilan


Hanya dengan 'curhat' pengalaman kita di blog, kita bisa menambah penghasilan. Kok bisa?

Saat ada sponsor atau agency yang tertarik dengan blog kita, mereka ada membayar kita dengan menitipkan link pada tulisan kita, atau dengan meminta kita mereview produk mereka.

Bisa dapet sampel gratis dong? Sering! Penghasilan yang kita dapat tidak hanya sekedar uang, bisa juga produk yang tiap hari kita pakai, voucher belanja dan makan-makan atau gratis  menginap di hotel. Seru kan?

Misalnya saat kemarin saya diminta Tokopedia untuk meletakkan link-nya di blog saya. Sebagai ganti dia memberi saya voucher belanja senilai ratusan ribu. Jadi masih tidak mau mulai ngeblog?

Makan gratis plus dapat voucher dari hadiah menang live Instagram

5. Tempat Penyimpanan Memori Digital


"Eh kapan ya kita umroh kemarin?" Saat ada yang tanya kejadian yang lalu dan kita lupa, kita bisa langsung buka directory blog kita.

Atau ada tempat yang bertanya,

"Gimana sih caranya ngurus paspor buat muslimah?"
Kita bisa langsung menyodorkan link tulisan kita tanpa menjelaskan panjang lebar.

Itulah 5 daftar keseruan menulis di blog. Masih banyak daftar alasan yang lain yang membuat kita harus memulai aktif di blog. Tidak sekedar menulis, namun membagikannya di sosial media.

Sehingga  kehadiran kita akan menambah daftar manfaat, utamanya di dunia digital. Agar banyak hal positif yang tersebar di dunia maya ini.

Selamat berkarya dan membuat jejak digital terbaik-mu!

11 comments:

  1. Replies
    1. Mbak Nurul, kenapa gak bisa komen di blog Mbak ya? Malahan yang muncul blog WordPress jaman jadul 😣😅. Kalo bisa dihapus aja deh, hehe.

      Delete
  2. Nomor 4 mantap hehehe... Yang susah konsisten ngeblog nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kuncinya memang harus konsisten, agar menghasilkan.

      Delete
  3. semangat ngeblog, semoga makin banyak konten positif menyingkirkan yang negatif...

    ReplyDelete
  4. Kereen mbak...
    Smga tambah berkah tulisannya ya

    ReplyDelete
  5. Tosss lah mbak.. Kita ada di zona nyaman ngeblog gara-gara ini semua heheheh

    ReplyDelete
  6. Ngeblog ini memang suatu kenikmatan yang haqiqi ya mbak

    ReplyDelete
  7. Wah keren banget, masih SMP udah kenal blog. Kalo saya mah emak jadul hahs...

    ReplyDelete
  8. Yg enak itu dapat penghasilan dari blog y mbak hehe. Mau itu uang atau barang gratis. Blog juga sarana mengekplor diri. Makasih sharingnya mbak. Ayo semangat ngeblog selalu buat kita. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete

@nabila_haqi