Cara Cepat Pemulihan Setelah Kuret




Setalah operasi saya langsung diperbolehkan pulang, dini hari operasi, pagi harinya alhamdulilah selang opname sudah bisa dilepas dan saya bisa keluar dari rumah sakit.

Sejak tiga setelah operasi kuret karena keguguran, saya sudah bisa melakukan aktivitas seperti biasa. Bahkan sudah bisa mengajar di lantai 2!

Padahal saat baca-baca di Google, biasanya wanita akan pulih dari kuret setelah 1-2 pekan.

Apa resepnya?

Ikhlas! Pasrah! 


Jika jiwa terus menerus stress, galau, dan menyesali hal yang sudah terjadi, akibatnya tubuh juga akan merasakan sakit berkepanjangan.

Berbeda dengan saat jiwa kita ikhlas dan pasrah. Tubuh juga akan mendukung kita untuk kembali beraktivitas dengan semangat.


Makan Makanan Sehat


Dokter juga meresepkan beberapa tips akan kembali pulih dari kuret dengan cepat. Beberapa diantaranya adalah:

1. Makan makanan yang banyak mengandung kalori dan protein. Misalnya daging, ayam, kurma, dll.

2. Minum obat dengan teratur. Apalagi obat antibiotik, harus diminum sampai habis. Jika tidak virus atau bakteri akan menjadi kebal.

3. Datang kontrol sesuai jadwal.

4. Istirahat yang cukup.

Melatih Kemandirian


Wajar jika masih beberapa kali menangis saat teringat kisah pilu itu. Tapi saya menanamkan pada diri sendiri untuk berjuang! Move on! salah satunya adalah dengan melatih kemandirian.

Melatih kemandirian untuk olahraga  sepertinya masih belum bisa dijalani. Secara, masih tidak boleh banyak bergerak. Olahraga baru bisa dilakukan kurang lebih 5 hari setelah operasi. Itupun darah nifas juga masih keluar.

Melatih kemandirian untuk memasak makanan sehat juga sudah mulai saya coba. Misalnya dengan membuat sarapan roti bakar isi telur alias sandwich ala Nabila.

Hanya ilustrasi 😂


Pekerjaan-pekerkaan rumah tangga yang rada berat juga mulai bisa saya lakukan, misalnya nyapu dan ngepel.

Alhamdulillah, meski sisa-sisa kesedihan itu sudah ada, beraktivitas kembali seperti biasa akan membuat kita melupakan hari-hari berat itu.

Insya Allah jika kita selalu yakin, berdoa dan bertawakal, serta mengambil sunnatullah dengan berikhtiar, Allah akan mengganti musibah kita dengan yang lebih baik.

2 comments:

@nabila_haqi