Kementrian PPPA Apresiasi Kabupaten/Kota Layak Anak



Saat Surabaya diumumkan sebagai juara utama kota layak anak, hati saya bungah, bahagia. Pertama tentu saja karena saya arek Suroboyo, kedua karena saya melihat sendiri Surabaya ketika sebelum dan setelah 'direnovasi' oleh Bu Risma, ibu kebanggaan kami. 

Bagi saya arek Suroboyo, Surabaya memang layak mendapat apresiasi ini. Sebab berbagai perubahan kota Surabaya yang lebih baik terus dilakukan untuk menjadikan Surabaya kota yang ramah anak. 

Contohnya saat Bu Risma dan Pemkot  yang berhasil menyulap tempat pembuangan sampah di Bulak menjadi taman yang indah.

Taman Bulak Kenjeran ini lengkap dengan lapangan futsal dan sungai buatan. Lihatlah foto yang saya ambil dari instagram @surabaya ini. Jarang sekali di zaman sekarang ada sungai di kota besar yang bisa digunakan untuk mandi. 

Anak-anak bebas bermain air


Belum lagi ada car free day tempat anak-anak bebas bergerak di jalan raya, tanpa ada kendaraan bermotor yang melintas. Bu Risma juga terus berupaya agar anak-anak di Surabaya bebas dari KDRT, bullying dan pergaulan bebas.

Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak


Surabaya adalah satu diantara 389 Kabupaten atau Kota yang telah berkomitmen untuk menjadi Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA). Sedangkan 176 Kabupaten /Kota terbaik, berhasil mendapatkan penghargaan KLA. 

Penghargaan ini diberikan oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) pada 23 Juli 2018 yang berpatan dengan Hari Anak Nasional. Malam penganugerahan ini dilaksanakan di Dyandra Convention Center Surabaya.

Acara ini dihadiri langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Ibu Yohana Yembise bersama Deputi Menteri PPPA Bidang Tumbuh Kembang Anak KPPPA, Ibu Lenny N. Rosalin.

Ibu menteri PPPA (kiri) dan Ibu Deputi Menteri PPPA 

Tujuan penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak agar pemerintah daerah setempat dapat mendorong keluarga, masyarakat, serta media di wilayahnya untuk semakin paham pada upaya pemenuhan hak anak.

"Penghargaan dan penganugerahan ini merupakan bentuk apresiasi kami atas segala upaya para Gubernur, Bupati, Walikota dan para penerima penghargaan lainnya dalam upaya memenuhi amanat konstitusi, yaitu upaya pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak." Kata Lenny N. Rosalin, Deputi Menteri PPPA Bidang Tumbuh Kembang Anak KPPPA.

Sumber: Instagram @lotusmpr


Upaya Menjadikan Kab/Kota Layak Anak


Berbagai usaha dilakukan untuk mewujudkan Kabupaten/Kota Layak Anak.  Misalnya dengan terus menerus melakukan sosialiasi, edukasi, hingga pengembangan. Termasuk mempersiapkan fasilitas untuk mewujudkan KLA tiap daerah, diantaranya:

1. PUSPAGA (Pusat Pembelajaran Keluarga)
2. Upaya untuk mencegah perkawinan anak
3. Pengasuhan anak berbasis hak anak
4. Pembangunan Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA)

Tim Penilai KLA


Penilaian Kabupaten/Kota Layak Anak dilakukan oleh tim gabungan yang berkompeten, seperti Kemenko PMK, Kemendagri, Bappenas, Kemenkumham, Setneg, Kantor Staf Presiden, dan KPAI.

Penilaian ini dilaksanakan melalui 4 tahap: Penilaian Mandiri, Verifikasi Administrasi, Verifikasi Lapangan, dan Finalisasi.

Pemenang Kabupaten/Kota Layak Anak




Sumber: instagram @lotusmpr

Akhirnya waktu yang dinanti telah tiba. Pengumuman Kab/Kota Layak Anak telah dibacakan. Nama-nama itu adalah sebagai berikut:

Peraih penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak kategori Utama:

1. Kota Surakarta
2. Kota Surabaya

Peraih penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak kategori Nindya:

1. Kota Denpasar
2. Kabupaten Gianyar
3. Kota Padang
4. Kota Magelang
5. Kota Depok
6. Kabupaten Bogor
7. Kabupaten Sleman
8. Kota Yogyakarta
9. Kota Bandung
10. Kabupaten Tulungagung
11. Kota Sawahlunto

Peraih penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak kategori Madya terdapat 51 pemenang, dan Peraih penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak kategori Pratama 113 kota.

Selain penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak, Ibu Yohana juga memberikan penghargaan kepada daerah terbaik dalam memenuhi hak sipil anak:

1. Provinsi Penggerak Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak (10 provinsi)
2. Pembinaan Forum Anak Daerah Terbaik Tingkat Provinsi (5 provinsi)
3. Unit Pelaksana Teknis Daerah PPA Tingkat Provinsi (6 provinsi)
4. Penghargaan Khusus Inisiator Pengembangan Forum Anak diraih oleh Provinsi Papua Barat
5. Penghargaan Khusus Pencegahan Perkawinan Anak Terbaik
6. Penghargaan Khusus Puskesmas dengan Pelayanan Ramah Anak Terbaik
7. Penghargaan Khusus Sekolah Ramah Anak Terbaik
8. Penghargaan Khusus Pembinaan Forum Anak Daerah Terbaik
9. Penghargaan Khusus Pelaksana Teknis Daerah PPA Tingkat Kab/Kota
10. Penghargaan khusus lain untuk Kab/Kota yang responsif dalam menangani Kasus KTA serta Pelopor Polres Ramah Anak

Akhirnya, besar harapan kita semua bahwa seluruh daerah di Indonesia berkomitmen untuk mewujudkan Kab/kota layak anak.

Sebuah tempat impian dimana anak-anak bebas bermain dan tumbuh. Tanpa ada ketakutan dengan bullying, KDRT, hingga pelecehan seksual. Karena anak-anak inilah aset bangsa yang kelak akan memimpin negeri tercinta ini.

No comments:

Post a Comment

@nabila_haqi