Outbond Seru di Bhakti Alam Pasuruan

Alhamdulillah akhir Januari lalu saya berkesempatan menemani anak didik SD-IT Ar-Rahmah outbound di Bhakti Alam Pasuruan. Betapa excitednya saya mendapati adanya wisata edukasi super keren di Pasuruan. Apalagi ini pertama kalinya saya kesana.

Disini anak-anak mendapatkan berbagai aktivitas edukasi yang menyenangkan. Mulai dari belajar menanam padi di sawah, memerah susu, hingga melihat langsung proses pasteurisasi susu.

Pemandangannya indah berwarna-warni. Di kanan kiri kita bisa melihat buah-buahan bergelantungan, salah satunya yang menjadi daya tarik utama adalah pohon durian. 

Padahal akses kesini tidaklah mudah. Melewati jalan-jalan terjal dan sempit. Sungguh tidak menyangka bahwa ada tempat yang awesome disini. 

Pertama sebelum masuk, kita akan melewati jembatan menyusuri sungai. 



Foto di depan jembatan di pintu masuk


Asiknya, kita tidak perlu lelah berjalan kaki  menyusuri lahan berhektar-hektar ini.

Kita diajak berkeliling mengunjungi tiap temapat dengan kereta. Yup, kereta kelinci yang siap sedia mengantar tiap rombongan ke tiap-tiap wahana. Kurang seru apa coba?

Salah satu tempat kunjungan adalah edukasi tentang penanaman dengan media hidroponik. Keren kan, serasa ada di luar negeri.




Sesampainya di dalam kita disuguhi berbagai macam bunga yang memanjakan mata.

Warna-warni bervariasi bentuk dan jenisnya. Bahkan di pintu masuk saja saya sudah melihat gerombolan kupu-kupu yang menari-nari diatas bunga-bunga. Sungguh, moment langka yang jarang bisa saya temukan di Surabaya. 





Anak-anak diajarkan bagaimana memerah susu. Mula-mula anak-anak harus mencuci tangan terlebih dahulu. Lalu petugas memberi semacam cairan berbentuk minyak yang memudahkan kita saat memeras. Terakhir sesudah memeras kita bisa langsung cuci tangan pada kran dan sabun yang telah disediakan.

Tidak hanya memeras, kita juga diajak berkeliling ke pabrik pengolahan susu. Bahkan kita diberi susu gratis. Yummy.....




Berikut adalah harga tiket masuk Bhakti Alam. Cukup terjangkau untuk ukuran wisata edukasi yang lengkap. 



Sekilas peraturan kawasan wisata edukasi Bhakti Alam Pasuruan



Gimana ayah, bunda? Masih ragu untuk datang ke tempat ini? Pastinya sudah tidak sabar ingin mengunjungi tempat ini.

Insya Allah tak hanya refreshing pelepas penat, tempat ini juga sangat pas untuk kita tafakur alam. Memikirkan kembali betapa besarnya Sang Khaliq pencipta semua keindahan alam yang ditata cantik disini.

4 comments:

  1. seru y mba tempatnya juga menunjang aktifitas buat anak-anak, btw itu HTM-nya dibatasikah waktu kunjungannya atau sepuasnya mba?

    ReplyDelete
  2. di pasuruan ternyata punya tempat taman bunga yang kece badai kayak gini. spot fotonya bagus min. like it deh..

    ReplyDelete
  3. Edukasi nya baik ini buat anak anak, tempatnya juga bagus spot-spotnya menarik

    ReplyDelete
  4. Kalau bawa rombongan banyak HTMnya sama za mbak? Rencana mau pergi kesana bareng anak-anak asuh

    ReplyDelete

@nabila_haqi