Initerary ke Malaysia dan Singapore 2 Days 3 Night (Part 1)




Siapa yang pengen banget keluar negeri? Tapi hingga hari ini belum juga kesempatan itu datang.
Ada pilihan mudah jika mau backpacker keluar negeri, perlu ke negara tetangga, Malaysia dan Singapura.

Pertama karena bahasanya masih menggunakan bahasa melayu, kedua karena aksesnya sangat mudah dibanding harus ke pelosok-pelosok wilayah eksotis Indonesia.

Karena saya sudah lama bermimpi go abroad, maka saya kumpulkan berbagai info untuk bisa travelling hemat kesana. Mudah murah dan membuat kita semakin bersyukur atas nikmat Allah. InsyaAllah. Berikut initerary atau persiapan perjalanan 3 hari ke Singapura dan Malaysia. Semoga bermanfaat.

Hari Pertama: Tiba di Changi Airport, Singapura, 1.30 PM


Kunjungan pertama adalah Sentosa Island


Sentosa Island ini mirip dengan Dufan, banyak sekalia atraksi atau tempat wisata yang bisa dikunjungi. Salah satu yang paling terkenal adalah Trans Universal Studio. Tapi setelah searching berbagai wisata disana, ternyata wahananya tidak jauh beda dengan di Bandung. Biasa aja, menurut kami. So, skip this one. Cukup selfie di depan patung bola dunia bertuliskan "Universal Studio", sama aja kan? hehe

Di Sentosa Island ini kita bisa naik kereta gantung. Biayanya cukup mahal, 300 ribu. Jadi jika ingin traveling ala koper (sedikit berkelas), bisa mencoba wahana ini. Ada pantai juga, tapi tidak disarankan, sebab hampir pantainya buatan, bahkan ada yang bilang pasirnya ambil di Indonesia, Wkwkwk.

Merlion Park

Bada ashar kita sudah harus tiba di ikon utama negara kecil ini. Mana lagi kalau bukan patung Merlion. Menggunakan MRT dengan tujuan Stasiun Raffles Place. Tapi dari stasiun harus siap jalan kaki dulu selama 10 menit. Be strong, you are backpacker!

Taman ini buka 24 jam dan gratis. Jadi jangan lupa bawa bekal untuk kesini, agar hemat.

Semua landmark singapura bisa disaksikan dari Merlion Park. Misalnya Singapore Flyer, Esplanade, Singapore ArtScience Museum, Marina Bay Sands. Tapi wisata yang terakhir ini sangat cocok dinikmati malam hari, jadi mari kita merapat untuk makan malam dulu, baru kesana.

Setelah berfoto di taman singa, kita merapat ke Garden by the Sands, tepat di belakang Marina by the Sand. Kita juga melihat kebesaran Allah dari atas Supertree Grove, yakni pohon raksasa yang memayungi taman ini dan menyusuri jembatan Skyway.  Hanya perlu menyiapkan $5 aja, cukup murah, bukan?


Closer with People in Chinatown, Little India dan Kampong Glam

Tempat ini sangat identik dengan pasar, pusat oleh-oleh dan pusat kuliner. Merupakan satu paket lengkap kawasan wisatawan. Kita bisa melihat bangunan-bangunan bernuansa China, India dan Arab sekaligus.
 
Selepas berkeliling, kita bersiap menunaikan sholat maghrib di Masjid Sulthan.

Mengunjungi Masjid Sultan sekaligus Pengajian disana


Nah, ini dia yang kami tunggu, mengunjungi masjid di Singapura untuk bertemu dan berinteraksi langsung dengan Muslim disana. Banyak sekali kajian yang diadakan Masjid Sultan ini. Salah satu yang kami pilih adalah waktu selepas sholat maghrib, yakni 7.30 PM - 8.00 PM.

Tapi sebelum ngaji, kita bersantap malam dulu. Konon katanya ada gerai santap di seberang masjid bernama Zam-Zam. Menyediakan hidangan klasik ala India-Muslim, seperti martabak dan nasi briyani. Duh, menulis saja membuat perut saya keroncongan.


Lokasi: 3, Muscat Street Singapore
Info lengkap: Instagram @masjidsultan

Menikmati Malam di Langit Marina Bay Sands

Jika masih ada tenaga bisa kembali ke titik awal komplek Marina Bay Sands, yaitu tiga menara yang menjulang tinggi. Kita bisa menyusuri jembatan unik The Helix Bridge jika mau ke Plaza Marina ini.

Marina Bay Sands merupakan landmark ikonik Singapura, simbol kemewahan dan kehidupan glamor Singapura. Jika masih ada sisa tenaga, mari kita merapat ketempat ini. Kita bisa melihat warna-warni malam yang dihiasi lampu-lampu. Dari Harbourfront, kita bisa naik MRT dengan tujuan Stasiun Bayfront, butuh waktu sekitar 15 menit dengan biaya SGD 1,60.

Mengapa harus malam? Karena ada pertunjukan Wonder Full: Light & Water Spectacular  yaitu pertunjukan laser dan efek cahaya hanya setiap jam 8 dan 9.30 malam saja.

Jembatan Henderson Waves

Jangan tidur dulu, ada satu icon lagi yang tidak boleh terlupa, jembatan henderson waves. Mirip pelabuhan kapal pesier di Perak, North **** di kota Surabaya tercinta.



Perkiraan Biaya yang Dibutuhkan

  • Tiket pergi: 1.000.000-3.000.000 untuk dua orang, pilih tiket promo ya.
  • Hotel: Rp 100.000-200.000 per malam
  • Akomodasi transportasi: SGD 11* (Rp104.500)
  • Akomodasi makan dan minum: SGD 45* (Rp427.500)
  • Beli SIM card Singapura: SGD 15* (Rp142.500)
  • PSC atau airport tax: Rp150.000
  • Total pengeluaran: kurang dari lima juta.
Sementara kita bermimpi dulu di Singapore, next post saya akan menginfokan initerary 2 hari satu malam di Malaysia. Stay tune on the next post!




No comments:

Post a Comment

@nabila_haqi