NGOBROL BARENG MPR SAMBIL BELAJAR ILMU KEBANGSAAN



Hari itu, Sabtu 4 November, sangat cerah, karena itu saya akan menghadiri sebuah event Blogger yang diadakan oleh MRP RI. Hari yang saya tunggu, karena saya masih jarang ikut eventnya para blogger, maklum masih newbie, Hehehe.

Dengan rapi saya datang menuju Fairfield Hotel di jalan Mayjen Sungkono. Setelah registrasi dan persiapan, akhirnya tepat pukul 9 acara dimulai, sudah dihadiri oleh Sekjen MRR RI, Pak Ma'ruf Cahyono.

Sebelum diskusi dimulai, kami menyempatkan diri untuk berfoto, hehe.



Setelah menunggu, akhirnya acara dimulai. Dibuka oleh Mbak Nurul, salah seorang Blogger yang kemarin mendapatkan undangan dari Google di Amerika.

Ya, salah satu keistimewaan acara ini saya bertemu orang-orang keren! Tak hanya Mbak Nurul, Beliau juga memperkenalkan 2 blogger yang mengharumkan nama Indonesia dengan mendapat undangan dari Google, yakni Mas Fahmi dan Mas Budiono.

Setelah MC membuka, acara dilanjutkan dengan diskusi yang dipimpin oleh Mbak Avi. Beliau menjelaskan bahwa acara ini tidak hanya dihadiri oleh blogger, namun juga netizen, influencer, buzzer hingga selebgram. 

Setelah Mbak Avi, dilanjutkan dengan Mas Adriyanto selaku Kepala Bagian Data dan Sistem Informasi MPR.  Beliau menjelaskan bahwa kita saat ini berada di zaman milenia, dimana berita HOAX tersebar dimana-mana. Oleh karenanya kita harus bisa memfilter berita yang masuk dengan referensi yang jelas.

Beliau mencontohkan saat banyak beredar BC tentang terjadinya gerhana matahari yang menyebabkan terjadi gelombang elektromagnetik, lalu meminta semua orang untuk mematikan HP pada pukul sekian, agar tidak terkena dampak berbahayanya. Menggelikan saat ternyata banyak orang yang percaya, ikut mematikan HP lalu menyebarkan berita itu. Miris memang.

Setelah Mbak Avi dan Mas Adriyanto, kini saat agenda utama, arahan dari Sekjen MPR RI, Pak Ma'ruf Cahyono. Beliau menyampaikan beberapa hal, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Sebagai warna negara kita wajib untuk tahu akan 4 pilar kebangsaan,

1. Pancasila 
2. UUD 1945
3. NKRI 
4. Bhineka tunggal Ika

Selain itu beliau juga menyampaikan hal unik tentang gedung MRP. Dulu, gedung itu sangat sepi, bahkan terkesan menyeramkan sebab memang bangunan tua. 

Tapi kini semuanya berubah. MRP benar-benar menjadi rumah bagi rakyat. Siapapun boleh masuk ke gedung MRP, bahkan anak TK pun disambut dengan baik disana. Kegiatan yang menambah wawasan juga rutin diadakan, salah satunya adalah bedah buku yang diadakan rutin hampir tiap pekan.

Setelah selesai kami makan siang dan berfoto-foto di luar ruangan.



Semoga MRP juga semakin bisa menjadi tempat bagi aspirasi bagi masyarakat. Menjadi jembatan bagi rakyat untuk bisa didengar dan dengan itu semoga kehidupan rakyat Indonesia semakin lebih baik. Amiin. 

Demikian liputan acara Ngobrol bareng MPR yang menyenangkan dan pastinya menambah wawasan kebangsaan.
Share:

2 comments:

  1. Acara yang seru dan bermanfaat banget. Semoga kita bisa menerapkan 4 pilar dalam kehidupan sehari-hari ya...

    ReplyDelete
  2. InsyaAllah kita siap mengaplikasikan nilai-nilai 4 Pilar dalam hidup sehari2 yaaa :)
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete