Fitnah Drakor, Wanita, dan Amalan Terdahsyat

30 Mei 2017 / 4 Ramadhan 1438 H



Wanita juga dikenai perintah untuk menundukkan pandangan, tidak hanya lelaki, dan Drakor adalah contoh fitnah yang harus dijauhi, khusunya oleh wanita.

Dalam status di WA, muncul gambar lelaki pemain drakor, dengan caption, "tombo ngantuk".

Rasanya ingin saya teriaki, 

"Ghadul bashor wooooi! Bulan puasa jaga pandangan dong!" 

Tapi saya tahan, tentu saja karena khawatir tersinggung. 

Bulan Ramadhan mungkin saja datang sekali ini saja. It could be our last Ramadhan. Sayangnya kita masih susah menjauhi maksiat. Mata ini masih belum terjaga dengan baik.

Padahal Jibril mendoakan celaka bagi orang-orang yang ketika Ramadhan datang, ia tak berubah lebih baik.

Padahal ada banyak amal yang pahalanya sangat dahsyat! Dijamin keindahakan Ramadhan akan kita rasakan. Apa saja itu? Ustadz Sholeh Drehem, ketua Ikadi Jatim merangkumkannya untuk kita.

1. Puasa Ramadhan


Amalan terdahsyat pertama ditempati oleh puasa Ramadhan. Ya, ini amalan wajib, no excuse. Jadi tak perlu kita kaji lebih dalam ya.

2. Qiyamullail


Qiyamu Ramadhan bisa juga disebut tarawih. Inilah amalan terdahsyat kedua.

Sholat qiyamullail ini tidak begitu susah memang dibandingkan di bulan lainnya. Karena di bulan ini setiap orang akan berbondong-bondong ke masjid.

Hanya saja, keistiqomahanlah ujiannya. Mereka yang di akhir Ramadhan lebih memilih mall atau selainnya, maka amat rugilah!

3. Interaksi dengan Al-Qur'an


Ramadhan adalah bulan Al-Qur'an. Pada bulan inilah jibril membawa turun Al-Qur'an yang kemudian diturunkan ke bumi secara berangsur-angsur.

Bulan inilah saatnya kita berada sangat dekat dengan Al-Qur'an. Target tilawah juga harus diiringi dengan memahami makna atau artinya. Lalu berusaha sebisa mungkin mengamalkan. 

Dalam kitab Fii Zilalil Qur'an karya Sayyid Quthb disebutkan bahwa orang yang membaca dan mengerti makna dari Al-Qur'anlah yang dimaksud dalam hadits akan mendapat naungan di hari kiamat.

Cukup tiga dahulu amalan terdahsyat yang bisa kita amalkan di bulan Ramadhan.

Yuk, jaga hati jaga pandangan. Dan, say no to Drakor. Okkay, it's not easy. Tapi kita selalu ingat aja, bahwa saat kita nonton drakor dengan para pemain yang rupawan itu, kemungkinan besar jodoh kita juga sedang melakukan hal yang sama, bahkan bisa jadi lebih. 

Membayangkan jodoh kita yang matanya sedang jelalatan liat wanita misalnya, duh ngeri man! Hehe.




Sekian, semoga Allah mudahkan kita untuk senantiasa dalam ketaatan. Menjadikan kita orang yang beruntung karena bisa jadi lebih baik dengan Ramadhan ini.

Barakallahu fii umrik, jumpa lagi esok!

#inspirasiRamadhan
#challenge
#aksara

13 comments:

  1. Gadhul bashar memang sudah banyak dilupakan, sering malah dianggap sepele. Padahal banyak yang bisa terjadi lewat pandangan mata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Haeriah, perintahnya jelas di Al-Qur'an, tapi kita kaum hawa sering lupa. Astaghfirullah :')

      Delete
  2. Berhati-hati dengan pandangan ini memang penting, tapi sayang banyak yg lupa. Kalu saya nonton film biasanya fokus ke teks nya ga terlalu fokus ke wajah pemain. *hihii... namanya penikmat film gapapa usaha ya, mba.

    Tapi insyaa Allaah ramadhan ini fokus sama keluarga ngelaTh anak2 puasa. Ngeblog juga dikurangin dikit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku udah dilarang nonton film sama suami Ramadhan ini, hehe

      Seneng ya Mbak, si kecil udah belajar puasa :) Semoga saja juga bisa merasakannya, Amiin.

      Delete
  3. Hal ini sangat penting banget. Sekaali aja terjebak dan lalai, hilang deh hafalan. Hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Sri, hafalan saya masih payah, mungkin harus lebih jaga pandangan :)

      Delete
  4. Makasih inspirasinya, Mbak. Semoga ramadhan ini menjadikan kita makin taqwa... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak Sinta, Amiin Ya Rabb :)

      Delete
  5. Ditambah banyak banyak shadaqah juga, insyaallah ramadhan jadi luar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, makasih tambahannya Mbak Munasyaroh, salam kenal :)

      Delete
  6. Astaghfirullah.. langsung jleb baca,

    "Padahal Jibril mendoakan celaka bagi orang-orang yang ketika Ramadhan datang, ia tak berubah lebih baik."

    jazakillah udah diingatkan mba.. salam kenal ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allahu yujaziik Mbak.. salam ukhuwah Mbak Shona :)

      Delete
  7. Mbaaaaaa, aku masih suka nonton drakor :((((( makasih udah diingetin.

    ReplyDelete

Adbox

@nabila_haqi