Cara Cerdas Mempersipkan Ujian Nasional Bahasa Inggris



Ujian Nasional telah didepan mata. Tepatnya 4 hari lagi menjelang Ujian Nasional tingkat SMA sederajat. Meski telah banyak dikritisi, UN masih tetap dilaksanakan sebagai ujian akhir jenjang sekolah. Jadi, bagimanapun kita harus tetap mempersiapkannya dengan matang.

Bahasa Inggris tetap menjadi momok dari tahun ke tahun. Boro-boro bisa jawab, soalnya apa aja ndak ngerti, capek deh.

Sehingga tidak heran, banyak yang memilih jalan pintas. Meski sadar jika cara ini salah, para siswa seakan terpaksa dan mau tidak mau memilih jalan curang ini.

Sebagai seorang Muslim, Allah telah melarang kita berbuat curang.

"Dan celakalah bagi orang-orang yang curang"
Al-Muthoffifin: 1

Maka kita harus bisa menghapi UN ini dengan baik. Berikut cara cerdas agar kita bisa meraih nilai tinggi saat UN, sekaligus menempuh jalan yang mulia (baca: jujur).


1. Menghadapi Soal Listening Bahasa Inggris


Tak dipungkiri jenis soal listening menjadi hal yang ditakuti. Bahkan banyak siswa yang mengeluh,

"Duh, nativenya ngomong kayak suara nyamuk"

Eits, jangan menyerah dulu. Ada cara untuk menyiasatinya, yakni memperbanyak latihan mendengar percakapan Bahasa Inggris, khususnya suara native.

Soal listening akan menjadi sangat sulit jika siswa tidak pernah berlatih mendengarkan suara native berbicara. Jika sudah bingung, notok jedok, biasanya jalan tembusan akan dipakai oleh siswa, yakni bonda-bandi alias asal pilih, hehe.

Sebelum hal ini terjadi, persiapkan matang-matang dengan mengulang-ulang kalimat bahasa Inggris yang tidak kita pahami. Banyak sekali video native untuk beginner yang disediakan oleh youtube, misalnya channel bbc.

2. Berhasil Mengerjakan Soal Reading dengan Memahami Perintah


Soal jenis reading UN, dari tahun ke tahun menempati jumlah terbesar, yakni 70%. Oleh karenanya jika siswa gagal menjawab soal-soal reading, bisa dipastikan nilai yang didapat juga jelek. Hal yang perlu diperhatikan dalam menjawab soal reading adalah:

a. Perhatikan kata tanya dari soal. Misalnya jika yang ditanya adalah tentang purpose, maka kita harus mengetahui jenis teksnya terlebih dahulu.

b. Cari kata kunci yang ditanyakan dalam soal dan cari di teks. Terkadang, kita tak mengetahui arti dari jenis teks, maka cari saja kata kunci dalam teks, dan pilih yang konteksnya paling sesuai.

3. Jangan Grogi, Perbanyak Dzikir dan Doa


Salah satu tips mengerjakan soal un bahasa inggris adalah dengan mempersiapkannya dengan matang. Menyiapkan alat tulis lebih dari satu, datang lebih awal, hingga yang terpenting adalah memohon pertologan dari Allah Ta'ala. Karena yang dapat menolong kita menghadapi UN ataupun ujian-ujian lain adalah kemudahan dariNya.

Datang lebih awal agar lebih siap

Meskipun tetap, beribadah tidak boleh diniatkan untuk dunia, semacan Unas ini (Unas tantangan kecil di dunia :)

Hal yang terpenting dari semua itu, kita harus yakin bahwa persiapan kita telah maksimal. Jika sedari awal kita tak yakin telah berusaha maksimal, maka akan lebih susah bagi kita untuk sukses menghadapinya. 

Sekian tips cara cerdas mempersiapkan UN Bahasa Inggris. Silahkan di share bagi saudara yang akan menghadapinya. Semoga bermanfaat.


Ingin belajar Bahasa Inggris mudah? Belajar di iCan Course


No comments:

Post a Comment

Adbox

@nabila_haqi