Pilek Berkepanjangan? Waspadai Sinusitis





Siapa yang sedang pilek? Penyakit satu ini memang dialami oleh hampir semua orang, apalagi di muslim hujan seperti sekarang. Jika pilek terjadi berkepanjangan alias tidak juga kunjung berhenti, sebaiknya kita waspada. Apalagi jika hidung mengeluarkan lendir kuning atau hijau, diiringi demam dan sakit kepala.

Bisa jadi itu sinusitis!

Sinus adalah rongga udara dalam hidung. Sinusitis terjadi saat rongga yang seharusnya berisi udara berubah menjadi penuh lendir. Saat lendir ini meradang, maka lapisan mulkosa akan membengkak mengahasilkan banyak lendir. Inilah yang disebut dengan ingus. Kondisi ini sangat rawan berkembangnya bakteri, dan terjadilah sinusitis.

Gejala Sinusitis

Beberapa hal yang harus kita waspadai saat kondisi ini terjadi.

1. Sakit pada wajah dan dahi
2. Ingus berwarna kuning atau hijau
3. Hidung tersumbat
4. Demam
5. Sakit kepala
6. Batuk
7. Sakit tenggorokan

Cara Mengatasi

Jika kondisi diatas terjadi pada kita, tidak perlu panik. Berikut hal yang dapat dilakukan untuk meringankannya.










1. Istirahat yang cukup
2. Minum banyak air atau jus
3. Uapi hidung dengan uap dari semangkuk air panas
4. Periksa ke dokter jika gejala tidak membaik selama lebih dari seminggu.

Sinusitis terjadi jika mengalami pilek selama lebih dari tiga minggu. Dikatakan kronis apabila mengalami gejalanya hingga tiga bulan. Dalam situasi ini, dokter mungkin akan memberi antibiotik atau steroid semprot. Namun dalam kasus yang parah, harus dilakukan operasi untuk meningkatkan fungsi sinus dan juga sistem drainasenya.

Menjaga kesehatan amatlah sangat penting. Tanpanya kita berbagai ibadah dan aktivitas kita akan terganggu. Namun jika hal ini telah terjadi, tetaplah sabar dan menjalani ikhtiar. Karena tiap penyakit yang datang akan jadi penghapus dosa jika kita sabar.

2 comments:

  1. gejala sinusitis seperti sakit flu pada umumnya ya mba... bedanya ada di berapa lama kita mengalami pileknya. noted nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bedanya kalo sudah lebih dari 3 minggu Mbak, tandanya udah harus periksa ke dokter. Kalau udah lebih dari tiga bulan biasanya sudah kronis dan harus di operasi.

      Delete

Adbox

@nabila_haqi