Empat Cara Cepat Mengolah Daging



Iedul Qurban menjadi kenikmatan tersendiri bagi kaum muslimin setelah hari raya Iedul Fitri. Nikmat sekali karena di hari-hari biasa kita mungkin hanya mendapati ayam dan ayam sebagai menu utama, atau mungkin tahu dan tempe -seperti keluarga kami, hehe.

Hari raya ini menjadi momen dimana setiap rumah kaum muslimin mendadak berlimpah daging. Daging-daging segar yang baru dimasak kemarin itu siap diolah.  Perlu trik khusus untuk memasaknya dengan cepat namun tetap memiliki cita rasa yang bikin lidah bergoyang.

Empat cara cepat ini akan memudahkan kita untuk memasakan aneka olahan daging dengan cepat. Apalagi bagi keluarga kami yang belum punya kulkas, daripada meminjam kulkas mertua atau kulkas tetangga, hehe, lebih baik langsung diolah dan disajikan bagi semua anggota keluarga.

Blender menjadi Olahan Daging

Cara pertama ini adalah memblender daging yang ada dengan es batu yang sudah dipotong-potong. Es batu ini akan memudahkan blender kita agar tidak kelalahan dalam melembutkan daging. Jangan lupa, sebelumnya daging sudah harus dicacah lembut. Adonan ini bisa kita masak menjadi beberapa menu masakan. Menu kesukasan suami adalah bakso.

Untuk membuat bakso, cukup campur adonan daging yang sudah diblender dengan tepung bumbu bakso instan atau dengan membuat bumbunya sendiri, yakni bawang putih dan merica. Gampang bukan?

Family Collection


Adonan Lembut Berbalut Kacang

Bagi yang favorite batagor, siomay, ataupun nugget seperti saya, menu ini bisa jadi pilihan. Cara cepat ini adalah dengan mengolah adonan daging lembut yang telah dibleder tadi. Untuk membuat batagor, cukup siapkan tahu dan balut dengan adonan yang telah dibuat tadi. Untuk siomay, cukup lari ke pasar untuk beli kulit pangsit. Terakhir nugget, siapkan tepung roti, jadi deh. Jangan lupa siapkan cocolan yang berbahan dasar kacang, bawang goreng, dan jeruk nipis.

Family Collection


Goreng dengan tepung
Bagi saya yang nenek moyangnya orang Kudus (Jawa Tengah), olahan daging adalah menu favorit yang tidak boleh terlupa dalam urusan santap menyantap. Dan bagian daging yang paling saya incar adalah otak, what? Jangan kaget, saya bukan alien yang makan otak. Cukup balut dengan tepung, dan siapkan bumbu kacang. Berani coba?

Family Collection


Krengsengan
Ini untuk para bunda yang telah berada ditingkatan advance. Hehe, untuk ibu-ibu muda boleh deh.. dicoba.. Cukup siapkan nanas agar daging tidak alot, hehe. Bumbu dasar seperti bawang merah dan si kembar bawang putih, bawang Bombay jika ada, dan kecap.  Jika mau yang cepat dan tetap higienis bisa pilih bumbu krengsengan Mahmudah di warung sebelah. 

Family Collection


Untuk bunda-bunda muda yang masih melihat resep sewaktu masak –sepeti saya-. Mungkin iedul qurban ini saatnya kita bereksperimen dengan daging-daging yang bertumpuk itu. Jangan lupa icip-icipkan yang lain ya.

Selamat berkreasi dengan daging-daging yang penuh berkah.

1 comment:

  1. eh otak?
    klo di rumah daging dibakso sm sate. Klo ibuku biasanya direndang.

    ReplyDelete

Adbox

@nabila_haqi