Saat Mengawali Hari : Maba UNAIR

Agustus 2013
Hari ini sungguh tak terbayangkan, ini adalah hari pertama aku menginjakkan bumi di Surabaya. Luar biasa! Gedung dan mal-mal yang menjulang membuatku terus menerus menatap ke atas langit di sepanjang perjalanan menuju tempat asrama. Ketika sampai di asrama, hatiku sudah mulai tak karuan. Senang karena sebentar lagi aku akan berteriak pada dunia,

“Saksikanlah dunia, sebentar lagi akan menuntut ilmu di uniersitas besar di Indonesia!”

Namun juga pilu, karena harus meninggalkan banyak orang yang kucintai. Orang-orang yang senyumnya selalu menghias kehidupanku, Amak, Bapak, Mas Agus, dek Ola, dan lain-lain. Dalam lubuk hatiku aku berharap mereka semua bisa pindah di Surabaya dan menemaniku belajar disini. Ah, tak perlu berkhayal.

Di sebelahku, kutatap wajah ibu yang terus berkaca-kaca. Sedangkan ayah dan Mas Bagus terus menatap gedung dan mal-mal yang menjulang di balik kaca  bemo. Sedangkan aku terus menerus menenangkan hatiku yang terus bergejolak. Bagaimana jika di Surabaya nanti aku tidak tidak kerasan? Atau bahkan tidak bisa makan?

Sungguh berat memang, menuntut ilmu jauh dari kampung halaman. Namun secercah harapan itulah yang membuatkan membulatkan tekad.

Rasululloh lewat haditsnya telah mengajarkanku untuk membulatkan tekad menuntut ilmu jauh dari kampung halaman.

مَنْ خَرَجَ فِى طَلَبُ الْعِلْمِ فَهُوَ فِى سَبِيْلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ

Artinya : ”Barang siapa yang keluar untuk mencari ilmu maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang”. (HR. Turmudzi)


مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَى
الْجَنَّةِ

Artinya : ”Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari suatu ilmu. Niscaya Allah memudahkannya ke jalan menuju surga”. (HR. Turmudzi)

Hari-hari esok, aku akan membuktikan pesan dari Rasulku. Semoga, hari-hari cerah tetap akan menggenggam hari-hariku di Surabaya. Ya Allah.. karena pesan Rasulmulah kulangkahkan kakiku untuk menuntut ilmu. Maka, kuatkanlah azamku dan tekadku, pertemukanlah aku dengan hari-hari yang indah di esok hari.


No comments:

Post a Comment

Adbox

@nabila_haqi