Muslimah, Ilmuwan, be Hero!


               Kemarin 23 Juni 2012 Jawa Pos menampilakan sosok figur Prof Elizabeth Anita Widjaja. Seorang ahli taksonomi bambu di Indonesia. Lebih dari separo hidupnya digunakan untuk meneliti bambu, tanaman yang memiliki banyak manfaat. Karena karya-karyanya ia mendapatkan banyak sekali penghargaan mulai penghargaan The Best Scientist in LIPI, Satyalancana dari pemerintah Indonesia hingga dari Society of Ethnobatanist, India.  
            Penampilannya sebagai seorang muslimah sangat sederhana. Ruang kerjanya di Indonesia hanya petak yang berukuran kira-kira 3 x 4 meter. Ia mengatakan gaya ruangannya berbentuk konsep Jepang. Saat itu berjilbab hitam dan sesuai dengan syari’at islam dengan menutupi lebar tubuhnya.
            Seorang muslim, khususnya para wanita seharusnya meneladi sosok yang satu ini, Prof Anita Widjaja. Identitasnya sebagai seorang muslim tidak akan menghalanginya untuk berkarya. Sebagai seorang muslim yang ingin menjalankan syariat islam secara keseluruhan tentunya patut juga meniru perjuangan seorang ibu ini. Meskipun hampir frustasi karena minim dana penelitian, setidaknya ia telah menemukan 80 varian bambu di Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Adbox

@nabila_haqi